Kontribusi Alumni Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Dalam Upaya Penguatan Keagamaan Masyarakat Melalui Masjid Di Kota Banda Aceh

Rauzatul Anisa, 170404057 (2023) Kontribusi Alumni Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Dalam Upaya Penguatan Keagamaan Masyarakat Melalui Masjid Di Kota Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Kontribusi Alumni Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Dalam Upaya Penguatan Keagamaan Masyarakat Melalui Masjid Di Kota Banda Aceh] Text (Kontribusi Alumni Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Dalam Upaya Penguatan Keagamaan Masyarakat Melalui Masjid Di Kota Banda Aceh)
Rauzatul Anisa, 170404057, FDK, PMI, 082210580426.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini didasari oleh keingin tahuan peneliti untuk melihat seberapa besar kontribusi yang diberikan oleh alumni Fakultas Dakwah dan Komunikasi sehingga dapat bermanfaat dilingkungan masyarakat, karena belum ada upaya untuk menelusuri apa saja kriprah alumni terkait tentang pengembangan dan penguatan keagamaan di masyarakat. Sehingga belum terpetakan secara baik dimana dan bagaimana bentuk-bentuk kiprah alumni. Atas dasar ini lah maka peneliti mencoba untuk melakukan penelitian ini. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana bentuk kontribusi dan bagaimana hasil dari bentuk kontribusi alumni fakultas dakwah dan komunikasi dalam penguatan keagamaan di masjid. Metode penelitian yang gunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui dokumentasi, observasi, dan wawancara. Temuan lapangan dari Bentuk kontribusi alumniFakultas Dakwah dan Komunikasi dalam upaya penguatan keagamaan melalui masjid yaitu sebagai tenaga pengajar dalam bentuk pembelajaran al quran di masjid baik TPA dan TPQ, bentuk kontribusi sebagai pengurus/pengelola masjid, dan sebagai ketua badan kemakmuran masjid (BKM). Dan hasil dari bentuk kontribusi alumni yaitu membuat perubahan dalam penguatan keagamaan bagi individu masyarakat, membentuk karakteristik melalui perubahan keagamaan dan meningkatkan peran, fungsi masjid sebagai tempat ibadah terhadap penguatan keagamaan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Rauzatul Anisa
Date Deposited: 04 Sep 2023 02:29
Last Modified: 04 Sep 2023 02:29
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31781

Actions (login required)

View Item
View Item