Analisis Pengaruh Kemiskinan dan Pertumbuhan Ekonomi Terhadap Indeks Pembangunan Manusia Di Provinsi Aceh Ditinjau dari Perspektif Ekonomi Islam

Putri Rauzatul Jannah, 190602076 (2023) Analisis Pengaruh Kemiskinan dan Pertumbuhan Ekonomi Terhadap Indeks Pembangunan Manusia Di Provinsi Aceh Ditinjau dari Perspektif Ekonomi Islam. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Analisis Pengaruh Kemiskinan dan Pertumbuhan Ekonomi Terhadap Indeks Pembangunan Manusia Di Provinsi Aceh Ditinjau dari Perspektif Ekonomi Islam] Text (Analisis Pengaruh Kemiskinan dan Pertumbuhan Ekonomi Terhadap Indeks Pembangunan Manusia Di Provinsi Aceh Ditinjau dari Perspektif Ekonomi Islam)
Putri Rauzatul Jannah, 190602076, FEBI, ES, 081293043120.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Pembangunan manusia menjadi sasaran utama demi terciptanya masyarakat yang makmur dan sejahtera. Tercapainya tujuan kemakmuran dan kesejahteraan dilihat dari sudut pandang ekonomi akan menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas, unggul dan memiliki tingkat produktifitas yang tinggi, sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan pengurangan kemiskinan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kemiskinan dan pertumbuhan ekonomi terhadap indeks pembangunan manusia di Provinsi Aceh ditinjau dari perspektif ekonomi Islam. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan data sekunder yang terdapat di Provinsi Aceh selama 5 tahun dari 2018-2022. Analisis data yang digunakan adalah regresi data panel dengan pendekatan Random Effect Model. Hasil dari penelitian ini secara parsial menunjukan bahwa tingkat kemiskinan memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap indeks pembangunan manusia di Provinsi Aceh. Apabila dikaitkan dengan maqashid syari’ah dikarenakan kemiskinan menunjukkan hasil yg negatif maka masuk dalam kategori dharuriyyah. Sedangkan pertumbuhan ekonomi secara parsial memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap indeks pembangunan manusia di Provinsi Aceh. Apabila dikaitkan dengan maqashid syari’ah dikarenakan pertumbuhan ekonomi menemukan hasil yang positif maka masuk dalam kategori hajiyyah dan tahsiniyyah. Secara simultan kemiskinan dan pertumbuhan ekonomi berpegaruh signifikan terhadap indeks pembangunan manusia di Provinsi Aceh.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kemiskinan, Pertumbuhan Ekonomi, Indeks Pembangunan Manusia, Maqashid Syari’ah
Subjects: 200 Religion (Agama)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Putri Rauzatul Jannah
Date Deposited: 04 Sep 2023 02:48
Last Modified: 04 Sep 2023 02:48
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31787

Actions (login required)

View Item
View Item