HubunganTeacher Support dengan Penyesuaian Diri pada SantriTsanawiyahDayah Bustanul Arifin Bener Meriah

Salisa Auliani Fitri, 180901078 (2023) HubunganTeacher Support dengan Penyesuaian Diri pada SantriTsanawiyahDayah Bustanul Arifin Bener Meriah. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of teacher support, penyesuaian, santri] Text (teacher support, penyesuaian, santri)
Salisa Auliyani Fitri, 180901078, FPSI, PSI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB)

Abstract

Adanya hubungan positif antara teacher support pada santri merupakan salah satu hal yang dapat mempengaruhi penyesuaian diri santri di lingkungan dayah. Penyesuaian diri yang dimunculkan berupa penyesuaian akademik, penyesuaian secara emosioanal, penyesuaian sosial dan kedekatan dengan institusi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara teacher support dan penyesuaian diri pada santri tsanawiyah Dayah Bustanul Arifin Bener Meriah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pengambilan sampel berdasarkan teknik kuota sampling. Jumlah sampel penelitian sebanyak 69 santri. Instrumen penelitian menggunakan skala penyesuaian diri dengan hasil reliabilitas = 0,932 dan skala teaccher support dengan hasil reliabilitas = 0,924. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antarateacher support dengan penyesuaian diri pada santritsanawiyah Dayah Bustanul Arifin Bener Meriah dengan nilai koefisien korelasi person r = 0.465, p= 0,000. Artinya, semakin tinggi teacher support maka semakin tinggipenyesuaian diri.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology
200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Depositing User: Salisa Auliani Fitri Lisa
Date Deposited: 04 Sep 2023 03:06
Last Modified: 04 Sep 2023 03:06
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31791

Actions (login required)

View Item
View Item