Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis EBOP (Explosion Box Of Physics) Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa di SMP/MTS

Intan Qairani, 190204013 (2023) Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis EBOP (Explosion Box Of Physics) Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa di SMP/MTS. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengembangan Media Pembelajaran] Text (Pengembangan Media Pembelajaran)
Intan Qairani, 190204013, FTK, PFS, 085275498571.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti di SMPN I Baitussalam dalam proses pembelajaran berlangsung hanya berfokus pada guru dan buku cetak. sehingga hanya memperlihatkan papan tulis dan buku saja dengan metode ceramah yang menyebabkan kurangnya keaktifan peserta didik dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendesain media pembelajaran IPA berbasis EBOP (Explosion Box Of Physics) pada materi sistem tata surya untuk mengetahui kelayakan media berbasis EBOP (Explosion Box Of Physics) pada materi sistem tata surya untuk mengetahui keaktifan siswa setelah penggunaan media berbasis EBOP (Explosion Box Of Physics) pada materi sistem tata surya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan model 4D. Model 4D memiliki beberapa tahapan yang terdiri dari tahap pendefinisian (define), tahap perencanaan (design), tahap pengembangan (development) dan tahap akhir yaitu penyebaran (dissiminate). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar validasi ahli yang terdiri dari dua ahli yaitu ahli media pembelajaran dan materi pembelajaran, dan lembar observasi keaktifan siswa. Hasil penelitian diperoleh dari validasi ahli media pembelajaran sebesar 93% dan dari validasi ahli materi pembelajaran sebesar 92.5% dengan kriteria sangat layak serta hasil peningkatan keaktifan dari sebelum penggunaan media EBOP dengan persentase 66.67%, dan setelah menggunakan media EBOP dengan persentase 95%. Terjadi peningkatan keaktifan siswa setelah menggunakan EBOP (Explosion Box Of Physics) sebesar 28.33%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran IPA berbasis EBOP (Explosion Box Of Physics) pada materi sistem tata surya di SMP/MTS sudah dapat digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 002 The Book
000 Computer Science, Information and System > 003 Systems
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Intan Qairani Intan
Date Deposited: 04 Sep 2023 03:42
Last Modified: 04 Sep 2023 03:42
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31795

Actions (login required)

View Item
View Item