Strategi Guru Dalam Pembelajaran Al-Qura’an Di Balee Beut Alif Ba Desa Lamtimpeung Aceh Besar

Mutiara Hafid, 180201193 (2023) Strategi Guru Dalam Pembelajaran Al-Qura’an Di Balee Beut Alif Ba Desa Lamtimpeung Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Strategi Guru Dalam Pembelajaran Al-Qura’an Di Balee Beut Alif Ba Desa Lamtimpeung Aceh Besar] Text (Strategi Guru Dalam Pembelajaran Al-Qura’an Di Balee Beut Alif Ba Desa Lamtimpeung Aceh Besar)
Mutiara Hafid, 180201193, FTK, PAI, 082285731032.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Strategi merupakan perencanaan atau rencana yang dilakukan oleh seorang pendidik untuk mencapai tujuan pembelajaran, khususnya yang berkaitan dengan pembelajaran Al-Qur’an agar mudah dipahami dan menyenangkan. Pembelajaran Al-Qur’an di Balee Beut Alif Ba Desa Lamtimpeung Aceh Besar mengalami beberapa kendala, salah satunya yaitu santri belum memiliki motivasi untuk mempelajari Al-Qur’an. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini, yang pertama, Bagaimana implementasi pembelajaran Al-Quran di Balee Beut Alif Ba, yang kedua, Srategi apa saja yang telah diterapkan oleh ustad/ustadzah dalam pelaksanaan pembelajaran Al-Quran di Balee Beut Alif Ba dalam meningkatkan minat santri untuk belajar Al-Qur’an, dan yang ketiga adalah, Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran Al-Qur’an di Balee Beut Alif Baa baik dari segi Internal maupun Eksternal. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field reserch) dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti meliputi, observasi wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran Al-Qur’an yang dilakukan oleh ustad dan ustazah di Balee Beut Alif Ba Desa Lamtimpeung Aceh Besar ini kurang efektif, karena ada beberapa faktor penghambat yaitu, dari faktor internal, pertama faktor pada diri santri sendiri, kemudian dari faktor eksternal, pertama faktor dari orang tua, dan yang kedua adalah faktor sarana dan prasarana. Namun, dibalik banyaknya penghambat dalam proses pembelajaran Al-Qur’an ini masih ada faktor yang mendukung pembelajaran ini, seperti lingkungan masyarakat dan tenaga pendidik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mutiara Hafid
Date Deposited: 04 Sep 2023 03:50
Last Modified: 04 Sep 2023 03:50
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31797

Actions (login required)

View Item
View Item