Akses Perempuan Terhadap Ruang Publik (Studi Kasus Coffee Shop di Banda Aceh)

Nur Azura, 190501011 (2023) Akses Perempuan Terhadap Ruang Publik (Studi Kasus Coffee Shop di Banda Aceh). Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Akses Perempuan Terhadap Ruang Publik (Studi Kasus Coffee Shop di Banda Aceh)] Text (Akses Perempuan Terhadap Ruang Publik (Studi Kasus Coffee Shop di Banda Aceh))
SKRIPSI REVISI NUR AZURA (1) (1)(1).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Pergeseran budaya yang terjadi ditengah masyarakat Banda Aceh yang dulunya disebut sebagai warung kopi (keude kuphi ) dimana mayoritas didalamnya adalah laki-laki, dimana sekarang sudah berubah menjadi coffee shop yang pengunjungnya lebih banyak perempuan yang menghabiskan waktu dengan berkumpul di coffee shop. Penelitian ini mengkaji bagaimana akses perempuan terhadap coffee shop di Banda Aceh, konsep coffee shop yang ramah terhadap perempuan, dan persepsi masyarakat terhadap keberadaan perempuan di coffee shop. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan jenis instrument yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian menyatakan bahwa akses perempuan terhadap coffee shop di Banda Aceh telah diterima, akan tetapi kehadiran mereka masih disertai dengan kondisi-kondisi terkait soal waktu kunjungan tidak sampai larut malam kecuali mereka berhadir bersama suami atau keluarga dan pakaian yang di gunakan harus sesuai dengan Syariat Islam tidak menampakkan aurat. Konsep coffee shop ramah terhadap perempuan yang dapat dimanfaatkan untuk bekerja, membaca, dan produktivitas seperti tempat yang memiliki desain modern. Coffee shop menjadi tempat favorit bagi perempuan di kota-kota besar. Persepsi masyarakat di Banda Aceh terhadap keberadaan perempuan di warung kopi maupun di Coffee shop memiliki 2 pandangan yang berbeda, sebagian mengatakan baik dan sebagaian lagi mengatakan tidak baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.9 Aspek Fiqih Lainnya > 2X4.96 Wanita dan Aspek Hukum
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: Nur Azura Azura
Date Deposited: 04 Sep 2023 03:46
Last Modified: 04 Sep 2023 03:46
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31798

Actions (login required)

View Item
View Item