Hubungan Dukungan Sosial Suami Dengan Kecendrungan Baby Baby Blues Syndrome Pada Ibu Pasca Melahirkan Di Kampung Peulanggahan Kec. Kuta Raja Kota Banda Aceh

Tamara Serla, 160901073 (2023) Hubungan Dukungan Sosial Suami Dengan Kecendrungan Baby Baby Blues Syndrome Pada Ibu Pasca Melahirkan Di Kampung Peulanggahan Kec. Kuta Raja Kota Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar- Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Dukungan Sosial Suami, Baby Blues Syndrome, Ibu Pasca Melahirkan] Text (Dukungan Sosial Suami, Baby Blues Syndrome, Ibu Pasca Melahirkan)
TAMARA SERLA, 160901073, PSIKOLOGI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (3MB)

Abstract

Kehamilan merupakan momen yang membahagiakan sekaligus penuh harapan. Kehadiran seorang bayi dalam kehidupan pasangan suami-istri adalah sesuatu yang sangat dinanti-nantikan setiap orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial suami dengan kecendrungan baby blues syndrome pada ibu pasca melahirkan di kampung Peulanggahan kecamatan Kuta Raja Kota Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Alat ukur dalam penelitian ini yaitu skala dukungan sosial suami dan skala baby blues syndrome. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Purposive sampling sebanyak 50 ibu pasca melahirkan. Koefesien korelasi yang diperoleh dalam penelitian ini sebesar -765 dengan p= 0,000. Hal ini menunjukkan adanya hubungan negatif antara dukungan sosial suami dan baby blues syndrome pada ibu pasca melahirkan di kampung Peulanggahan kec. Kuta Raja kota Banda Aceh. artinya semakin besar dukungan sosial suami yang diterima ibu, maka semakin kecil kemungkinan ibu untuk mengalami baby blues syndrome dan semakin kecil dukungan sosial suami yang diterima ibu, maka semakin besar kemungkinan ibu mengalami baby blues syndrome.

Kata Kunci: Dukungan Sosial Suami, Baby Blues Syndrome, Ibu Pasca Melahirkan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology
100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa)
Divisions: Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Depositing User: Tamara Serla
Date Deposited: 04 Sep 2023 03:51
Last Modified: 04 Sep 2023 03:51
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31800

Actions (login required)

View Item
View Item