Hubungan Antara Empati dengan Perilaku Phubbing pada Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Hilal Sigli Kabupaten Pidie

Mita Rizkina, 190901018 (2023) Hubungan Antara Empati dengan Perilaku Phubbing pada Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Hilal Sigli Kabupaten Pidie. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Empati, Perilaku Phubbing, Mahasiswa] Text (Empati, Perilaku Phubbing, Mahasiswa)
Mita Rizkina, 190901018, FPSI, PSI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Perilaku phubbing adalah perilaku individu yang melihat telepon genggamnya saat melakukan pembicaraan dengan orang lain, sibuk dengan smartphone-nya, dan mengabaikan komunikasi interpersonal. Salah satu faktor yang mempengaruhi perilaku phubbing adalah empati. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan empati dengan perilaku phubbing pada mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Hilal Sigli Kabupaten Pidie. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuatitatif dengan metode korelasi. Alat ukur pada penelitian ini yaitu skala empati yang disusun oleh peneliti berdasarkan aspek-aspek dari teori yang dikemukakan oleh Davis (1980) dan skala perilaku phubbing yang mengacu pada aspek-aspek yang dikemukakan oleh teori Karadag, Tosuntas, Erzen, Duru, Bostan, Sahin, Culha, dan Babadag (2015). Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 195 mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Hilal Sigli Kabupaten Pidie pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode probability sampling dengan teknik simple random sampling. Uji hipotesis menggunakan product moment dari Pearson. Hasil penelitian menunjukkan koefisien korelasi r = -0,505 dengan ρ = 0,000 yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif yang sangat signifikan antara empati dengan perilaku phubbing pada mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Hilal Sigli Kabupaten Pidie Artinya, semakin tinggi empati maka semakin rendah perilaku phubbing, sebaliknya semakin rendah empati maka semakin tinggi pula perilaku phubbing yang dialami oleh mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Hilal Sigli Kabupaten Pidie.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Depositing User: Mita Rizkina Mita
Date Deposited: 04 Sep 2023 03:44
Last Modified: 04 Sep 2023 03:44
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31805

Actions (login required)

View Item
View Item