Penerapan Media Animasi Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Di Kelas Iv Sdn 14 Simpang Mamplam, Bireueun

Lili Rahmawati, 190209162 (2023) Penerapan Media Animasi Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Di Kelas Iv Sdn 14 Simpang Mamplam, Bireueun. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Media Animasi Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Di Kelas IV SDN 14 Simpang Mamplam, Bireueun] Text (Penerapan Media Animasi Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Di Kelas IV SDN 14 Simpang Mamplam, Bireueun)
Lili Rahmawati, 190209162 , FTK, PGMI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Minat belajar merupakan suatu keinginan dan kemampuan siswa dengan secara sadar jika ada motivasi dan mendorong dalam memperoleh aktivitas yang disukai sehingga memiliki keinginan dalam mencapai dengan senang hati. Berdasarkan hasil pengamatan yang peneliti lakukan dengan guru pembelajaran IPA kelas IV SDN 14 Simpang Mamplam Bireuen menunjukkan bahwa masih ada siswa yang tidak berminat untuk belajar. Akibat siswa tidak memahami pembalajaran maka siswa minat ssiswa menjadi rendah. Selain itu, saat proses pembelajaran berlangsung siswa jarang mengajukan pertanyaan ,kurangnya mengemukakan pendapat mereka selama pembelajaran berlangsung. Maka dari itu, peneliti menerapkan media animasi untuk meningkatkan minat belajar siswa. Adapun tujuan penelitian ini: (1) Untuk mengetahui aktivitas guru dalam meningkatkan minat belajar IPA pada tema 6 dengan menggunakan media animasi kelas IV SDN
14 Simpang Mamplam Bireuen. (2) Untuk mengetahui aktivitas siswa dalam meningkatkan minat belajar IPA pada tema 6 menggunakan media animasi di kelas IV SDN 14 Simpang Mamplam Bireuen. (3) Untuk mengetahui peningkatan minat belajar siswa pada pembelajaran IPA di kelas IV SDN 14 Simpang Mamplam Bireuen melalui penerapan media animasi. Subjek dalam penelitian siswa kelas IV SDN 14 Simpang Mamplam Bireuen yang berjumlah 16 orang siswa. Metode penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dimana pengumpulan data yaitu observasi dan angket. Berdasarkan hasil observasi aktivitas guru siklus I sudah mencapai kategori baik yaitu dengan nilai (77,27%), pada siklus II mengalami peningkatan dengan nilai 92,04% dengan kategori sangat baik. Untuk aktivitas siswa pada siklus I mencapai kategori cukup dengan nilai (64,77%), untuk siklus II mengalami peningkatan dengan nilai (80,36%). Sehingga minat belajar di kelas IV SDN 14 Simpang Mamplam Bireuen, nilai yang diperoleh dari keseluruhan pada siklus I yaitu 43,75% dan pada siklus II mengalami peningkatan dalam minat belajar menjadi 93,75% . sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan media animasi dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan minat belajar siswa di kelas IV SDN 14 Simpang Mamplam Bireuen.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Lili Rahmawati
Date Deposited: 04 Sep 2023 03:41
Last Modified: 04 Sep 2023 03:41
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31811

Actions (login required)

View Item
View Item