Desain E-Modul Fisika Berbasis Pendekatan CTL Berbantuan PhET Simulation pada Materi Gelombang Bunyi dan Cahaya Untuk SMA/MA

Rosi Nofianti, 190204011 (2023) Desain E-Modul Fisika Berbasis Pendekatan CTL Berbantuan PhET Simulation pada Materi Gelombang Bunyi dan Cahaya Untuk SMA/MA. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Desain E-Modul Fisika Berbasis Pendekatan] Text (Desain E-Modul Fisika Berbasis Pendekatan)
Rosi Nofianti, 190204011, FTK, PFS, 085214948003.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

E-Modul merupakan media pembelajaran yang dilengkapi dengan video, gambar, ilustrasi, audio dan animasi untuk menunjang proses pembelajaran peserta didik secara mandiri yang dapat digunakan dimanapun dan kapanpun dengan piranti elektronik. Berdasarkan fakta dilapangan peserta didik sulit dalam memahami materi dikarenakan peserta didik hanya menggunakan buku paket. Selain itu, kegiatan di laboratorium yang tidak berjalan lancar dikarenakan alat laboratorium yang tidak tersedia. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendesain E-Modul Fisika Berbasis Pendekatan CTL Berbantuan PhET Simulation pada Materi Gelombang Bunyi dan Cahaya untuk SMA/MA dan untuk mengetahui tingkat kelayakan E-Modul Berbasis Pendekatan CTL berbantuan PhET simulation pada materi gelombang bunyi dan cahaya. Kelayakan E-Modul Berbasis Pendekatan CTL berbantuan PhET simulation pada materi gelombang bunyi dan cahaya untuk SMA/MA yang mengacu pada model pengembangan yang dikembangkan oleh Alessi dan Trollip dikarenakan dengan menggunakan model penelitian ini produk yang dihasilkan dalam bentuk elektronik dan tidak dicetak, model pengembangannya terdiri dari tiga tahapan yaitu : (1) Planning, (2) Design, (3) Development. Produk yang dihasilkan dari produk ini adalah E-Modul Berbasis Pendekatan CTL berbantuan PhET simulation pada materi gelombang bunyi dan cahaya untuk SMA/MA. Hasil validasi ahli materi dengan aspek kelayakan penyajian 90,4% dan aspek kelayakan kebahasaan 88,4%, dengan jumlah total hasil presentase diperoleh sebesar 88%. Dan validasi ahli media dengan aspek kelayakan tampilan 93,2% dan aspek kelayakan pemograman 92,2% dengan jumlah total presentase 92,7%. Sehingga diperoleh hasil presentase keseluruhan kelayakan Desain E-Modul Fisika Berbasis Pendekatan CTL Berbantuan PhET Simulation pada Materi Gelombang Bunyi dan Cahaya untuk SMA/ MA 90,35% dengan kriteria sangat layak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 550 Earth Sciences & Geology (Ilmu Bumi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Rosi Nofianti Rosi
Date Deposited: 04 Sep 2023 03:42
Last Modified: 04 Sep 2023 03:42
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31812

Actions (login required)

View Item
View Item