Analisis Dampak Penyaluran Dana Baitul Mal Kota Banda Aceh Terhadap Pemberdayaan Modal Usaha Masyarakat (Studi Kasus Kecamatan Kuta Alam Banda Aceh)

Luthfia Zuhra, 170602132 (2022) Analisis Dampak Penyaluran Dana Baitul Mal Kota Banda Aceh Terhadap Pemberdayaan Modal Usaha Masyarakat (Studi Kasus Kecamatan Kuta Alam Banda Aceh). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Baitul Mal, Pemberdayaan, Ekonomi Masyayarakat] Text (Baitul Mal, Pemberdayaan, Ekonomi Masyayarakat)
Luthfia Zuhra, 170602132, FEBI, ES.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Baitul Mal adalah rumah untuk mengumpulkan harta dan mempunyai tugas khusus dalam menangani dan menyalurkan segala harta tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran Baitul Mal Kota Banda Aceh dan dampak dari pemberdayaan tersebut bagi masyarakat di Kecamatan Kuta Alam. Data yang diperoleh dalam penelitian ini merupakan hasil dari observasi dan wawancara langsung yang dilakukan oleh penulis dengan narasumber melalui penelitian analisis deskriptif. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa penyaluran dana usaha kepada masyarakat mikro di Kecamatan Kuta Alam Banda Aceh berdampak postif karena sangat membantu usaha masyarakat melalui penyaluran modal usaha tersebut. Namun tidak dapat dipungkiri dalam penyalurannya, masih ada sebagian kecil pengusaha mikro yang belum bisa memanfaatkan modal usaha tersebut dengan baik dikarenakan kurangnya pemahaman tentang usaha yang digeluti sehingga pemanfaatan dana tersebut menjadi kurang efektif. Selanjutnya sebagai lembaga pemerintahan yang mengumpulkan dana dan mempunyai tugas khusus dalam menangani semua dana tersebut diharapkan agar saat menyalurkan dana usaha turut serta memberikan edukasi kepada penerima modal agar pemanfaatan modal tersebut menjadi lebih efektif dan memberikan dampak baik kepada penerima usaha.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Luthfia Zuhra Fia
Date Deposited: 04 Sep 2023 03:44
Last Modified: 04 Sep 2023 03:44
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31815

Actions (login required)

View Item
View Item