Analisis Kemampuan Representasi Matematis Ditinjau Dari Gaya Kognitif Pada Siswa SMP/MTs

Humaira, 180205031 (2023) Analisis Kemampuan Representasi Matematis Ditinjau Dari Gaya Kognitif Pada Siswa SMP/MTs. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Analisis Kemampuan Representasi Matematis Ditinjau Dari Gaya Kognitif Pada Siswa SMP/MTs] Text (Analisis Kemampuan Representasi Matematis Ditinjau Dari Gaya Kognitif Pada Siswa SMP/MTs)
Humaira, 180205031, FTK, PMA, .pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB)

Abstract

Kemampuan representasi matematis diperlukan siswa untuk menemukan dan membuat suatu alat atau cara berfikir dalam mengkomunikasikan gagasan matematis dari yang sifat abstrak menunju kongkret sehingga lebih mudah untuk dipahami. Namun siswa belum sepenuhnya dapat mengkontruksi dan menggunakan representasi matematis. Setiap siswa memiliki kemampuan representasi yang berbeda-beda, hal tersebut dipengaruhi oleh gaya kognitif field dependent (FD) dan field independent (FI). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan representasi matematis siswa berdasarkan gaya kognitif FD dan FI pada siswa MTsN 1 Banda Aceh. Penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah 4 siswa kelas VIII-2 yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen dalam penelitian ini adalah soal tes (Group Embedded Figures Test) GEFT, soal tes kemampuan representasi dan pedoman wawancara. Pengumpulan data menggunakan tes tulis dan wawancara. Analisis data dengan mereduksi data, menyajikan data, melakukan triangulasi waktu dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah (1) Siswa dengan gaya kognitif FD dapat model matematis dari representasi lain yang diberikan akan tetapi model matematika yang dibuat keliru dan tidak dapat membuat penyelesaian masalah dengan melibatkan ekspresi matematis. Tidak dapat menggunakan representasi visual berupa gambar grafik untuk menyelesaian masalah. Tidak dapat menyelesaikan masalah dengan menggunakan kata-kata atau teks tertulis. (2) Siswa dengan gaya kognitif FI dapat membuat model matematis dari representasi lain yang diberikan dan dapat membuat penyelesaian masalah dengan melibatkan ekspresi matematis dengan benar. Dapat menggunakan representasi visual berupa gambar grafik untuk menyelesaikan masalah dengan benar. Tidak dapat menyelesaikan masalah dengan menggunakan kata-kata atau teks tertulis dengan benar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Humaira Humaira
Date Deposited: 04 Sep 2023 03:57
Last Modified: 04 Sep 2023 03:57
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31816

Actions (login required)

View Item
View Item