Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Literasi Sains pada Materi Momentum dan Impuls di SMA Negeri 3 Banda Aceh

Dewi Rani Prastiani, 190204051 (2023) Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Literasi Sains pada Materi Momentum dan Impuls di SMA Negeri 3 Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengembangan Bahan Ajar Berbasis] Text (Pengembangan Bahan Ajar Berbasis)
Dewi Rani Prastiani_190204051_FTK_PFS, 082362009556.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terbatasnya sumber belajar mata pelajaran fisika yang hanya memakai buku paket dari penerbit tertentu yang belum memenuhi syarat sebagai bahan ajar yang baik, yakni bahan ajar yang memuat komponen kemampuan literasi sains. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat desain dan menguji kelayakan bahan ajar berbasis literasi sains pada materi momentum dan impuls. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian R&D dengan model ADDIE yang memiliki beberapa tahapan yaitu tahap analisis, tahap perancangan, tahap pengembangan, tahap penerapan, dan tahap evaluasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar validasi ahli materi dan lembar validasi ahli media. Hasil penelitian yang diperoleh dari validasi ahli materi sebesar 94% dan validasi ahli media sebesar 91%, sehingga diperoleh hasil persentase keseluruhan kelayakan sebesar 92,50% dengan kriteria sangat layak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa desain bahan ajar berbasis literasi sains di SMA Negeri 3 Banda Aceh layak digunakan dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik pada materi momentum dan impuls.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Dewi Rani Prastiani Dewi
Date Deposited: 04 Sep 2023 03:54
Last Modified: 04 Sep 2023 03:54
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31822

Actions (login required)

View Item
View Item