Pola Integrasi Kurikulum 2013 (K13) Terhadap Kurikulum Berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) Di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri Di Indonesia

Luthfi Auni, 2018116001 (2023) Pola Integrasi Kurikulum 2013 (K13) Terhadap Kurikulum Berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) Di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri Di Indonesia. In: Pola Integrasi Kurikulum 2013 (K13) Terhadap Kurikulum Berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) Di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri Di Indonesia. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pola Integrasi Kurikulum 2013 (K13) Terhadap Kurikulum Berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) Di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri Di Indonesia] Text (Pola Integrasi Kurikulum 2013 (K13) Terhadap Kurikulum Berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) Di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri Di Indonesia)
LP_P3T_2020-Luthfi Auni.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini menyimpulkan bahwa Pola Integrasi Kurikulum 2013 (K13) Terhadap Kurikulum Berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) Di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta berjalan dengan pesat, seiring dengan tuntutan dan kewajiban dalam penembangan kurikulum sekarang ini sesuia dengan Peraturan Presiden Republik Indonesia no 8 tahun 2012 yang di dalamnya antara lain mengatur tentang: jenjang, penyetaraan, dan penerapan kualifikasi sumber daya manusia Indonesia. Hasil penelitian diperoleh beberapa temuan antara lain bahwa Integrasi Kurikulum 2013 (K13) Terhadap Kurikulum Berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) Di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri sedang dalam proses, terbukti di beberapa perguruan tinggi agama Islam Negeri di Indonesia seperti di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta sudah hampir semua matakuliah di setiap prodi sudah di integrasi ke kurikulum KKNI, hampir mencapai seratus persen. Berbeda dengan beberapa perguruan tinggi keislaman Negeri lainnya di Indonesia yang masih jauh tertinggal, ini menjadi masukan bagi perguruan tinggi lainnya untuk lebeh terpacu dalam menjalankan kurikulum KKNI.

Item Type: Book Section
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 375 Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Puslitpen Ar-Raniry
Date Deposited: 07 Nov 2023 08:40
Last Modified: 07 Nov 2023 08:40
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31827

Actions (login required)

View Item
View Item