Efektifitas Penggunaan Media Power Point Interaktif Dengan Metode Bernyanyi Dalam Pembelajaran Mufradat Pada Siswa (Penelitian Eksperimen Di MIN 10 Banda Aceh).

Sofia Syawalina, 190202142 (2023) Efektifitas Penggunaan Media Power Point Interaktif Dengan Metode Bernyanyi Dalam Pembelajaran Mufradat Pada Siswa (Penelitian Eksperimen Di MIN 10 Banda Aceh). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Efektifitas Penggunaan Media Power Point Interaktif Dengan Metode Bernyanyi Dalam Pembelajaran Mufradat Pada Siswa (Penelitian Eksperimen Di MIN 10 Banda Aceh).] Text (Efektifitas Penggunaan Media Power Point Interaktif Dengan Metode Bernyanyi Dalam Pembelajaran Mufradat Pada Siswa (Penelitian Eksperimen Di MIN 10 Banda Aceh).)
Sofia Syawalina, 190202142, FTK, PBA, .pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi peneliti pada kelas 4 di MIN 10 Banda Aceh menunjukkan bahwa siswa tidak aktif dalam belajar bahasa Arab khususnya pembelajaran mufradat dikarenakan banyak siswa yang tidak mengetahui arti dari kosa-kata bahasa Arab serta mereka kesulitan dalam menghafal dan menguasai mufradat. ketika belajar mufradat siswa hanya mendengarkan penjelasan guru saja. Hal ini disebabkan karena guru tidak menggunakan media atau metode yang sesuai saat mengajar, dan akhirnya siswa bosan ketika belajar sehingga pembelajaran menjadi tidak efektif. Oleh karena itu peneliti ingin menggunakan Media Power Point Interaktif dengan Metode Bernyanyi dalam Pengajaran Mufradat. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas penggunaan media Power Point Interaktif dengan Metode Bernyanyi dalam pengajaran Mufradat, dan untuk mengetahui respon siswa di MIN 10 Banda Aceh dalam belajar mufradat dengan menggunakan media Power Point Interaktif dengan metode bernyanyi. Peneliti menggunakan Metode Eksperimen dengan desain one Group Pre-Test Post-Test, dan untuk pengumpulan data peneliti menggunakan Tes dan Kuesioner. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas empat yang berjumlah 53 siswa. Dan adapun sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas empat (a) yang berjumlah 25 siswa. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media Power Point Interaktif dengan Metode Bernyanyi efektif dalam pembelajaran mufradat, hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi Sig. (2-tailed) 0,000 <0,05. Adapun respon siswa terhadap Penggunaan Media Power Point Interaktif dengan Metode Bernyanyi dalam pembelajaran mufradat adalah positif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Sofia Syawalina
Date Deposited: 04 Sep 2023 03:53
Last Modified: 04 Sep 2023 03:53
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31828

Actions (login required)

View Item
View Item