Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Aplikasi KineMaster Pada Materi Momentum dan Impuls di SMA/MA

Nelvia Azzura, 190204023 (2023) Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Aplikasi KineMaster Pada Materi Momentum dan Impuls di SMA/MA. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Aplikasi KineMaster] Text (Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Aplikasi KineMaster)
Nelvia Azzura, 190204023, FTK, PFS, 082294780696.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Berdasarkan analisis kebutuhan yang dilakukan di MAS Darul Hikmah Kajhu didapatkan bahwa materi momentum dan impuls adalah salah satu materi yang sulit dipahami siswa Hal ini dikarenakan kurangnya penggunaan media dalam proses pembelajaran. Penggunaan buku cetak saja dalam proses kegiatan belajar mengajar membuat peserta didik kesulitan dalam memahami materi momentum dan impuls yang bersifat abstrak, sehingga dibutuhkan media video pembelajaran sebagai media pembelajaran selain buku cetak yang dapat membantu peserta didik dalam memahami materi. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendesain video pembelajaran berbasis aplikasi KineMaster dan untuk menilai kelayakan media tersebut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model pengembangan yang dikembangkan oleh Alessi dan Trollip dengan tiga tahapan meliputi (1) Tahap Perencanaan (Planning), (2) Tahap Perancangan (Design), dan (3) Tahap Pengembangan (Development). Kelayakan video pembelajaran ini ditentukan berdasarkan lembar validasi oleh ahli media dan ahli materi. Penilaian kelayakan produk dikategorikan ke dalam kriteria sangat layak ditinjau dari hasil validasi ahli media dengan rata-rata persentase 92%, dan hasil validasi oleh ahli materi dengan rata-rata persentase 89,72%, sehingga video pembelajaran berbasis aplikasi KineMaster dinyatakan sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 620 Engineering and Allied Operations (Ilmu Teknik dan Ilmu yang Berkaitan)
600 Technology (Applied Sciences) > 660 Chemical Engineering and Related Technologies (Teknologi Kimia dan Ilmu yang Berkaitan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Nelvia Azzura Nelvia
Date Deposited: 05 Sep 2023 02:16
Last Modified: 05 Sep 2023 02:16
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31829

Actions (login required)

View Item
View Item