Penerapan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Macromedia Flash Pada Materi Virus Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Di MAS Syamsuddhuha Aceh Utara

Putri Farah Rizkia, 180207029 (2023) Penerapan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Macromedia Flash Pada Materi Virus Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Di MAS Syamsuddhuha Aceh Utara. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Macromedia Flash Pada Materi Virus Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Di MAS Syamsuddhuha Aceh Utara] Text (Penerapan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Macromedia Flash Pada Materi Virus Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Di MAS Syamsuddhuha Aceh Utara)
Putri Farah Rizkia, 180207029, FTK, PBL, 082273582807.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (21MB)

Abstract

Proses pembelajaran di MAS Syamsuddhuha Aceh Utara sudah berjalan dengan baik, namun masih kurang dalam penggunaan media pembelajaran yang mendukung pada materi yang diajarkan. Salah satunya materi virus, guru hanya menggunakan media buku paket sehingga siswa kurang mengerti terhadap materi menyebabkan rendahnya motivasi belajar siswa yang pada akhirnya terhadap hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dengan Penerapan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Macromedia Flash Pada Materi Virus. Metode penelitian yang digunakan yaitu Pre Experiment dengan design one group pre-test post-test. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII, sampel penelitian kelas X IPA 2 terdiri dari 26 siswa, untuk pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrument penelitian berupa lembar observasi dan angket untuk mengetahui motivasi belajar siswa, serta tes tertulis dalam bentuk multiple choice yang terdiri atas 20 butir soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil observasi motivasi belajar pada pertemuan pertama yaitu 71.92% dengan kategori tinggi dan terjadi peningkatan pada pertemuan kedua yaitu 76.15 dengan kategori sangat tinggi. Hasil angket motivasi belajar siswa yaitu 82,40% dengan kategori sangat tinggi. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan yaitu 0,75 kategori tinggi dengan nilai rata-rata pre-test yaitu 22,5 dan nilai rata-rata post-test yaitu 81,54. Hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai thitung > ttabel (thitung = 21,85 ttabel=1,708). Sehingga dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan media pembelajaran video animasi berbasis macromedia flash dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Putri Farah Rizkia
Date Deposited: 05 Sep 2023 02:24
Last Modified: 05 Sep 2023 02:43
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31831

Actions (login required)

View Item
View Item