Efektivitas Laboratorium Virtual Pada Praktikum Laju Reaksi Di SMA Negeri 16 Banda Aceh

Riza Mauliani, 160208082 (2023) Efektivitas Laboratorium Virtual Pada Praktikum Laju Reaksi Di SMA Negeri 16 Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Efektivitas Laboratorium Virtual Pada Praktikum Laju Reaksi Di SMA Negeri 16 Banda Aceh] Text (Efektivitas Laboratorium Virtual Pada Praktikum Laju Reaksi Di SMA Negeri 16 Banda Aceh)
Riza Mauliani, 160208082, FTK, KIM, 085358400430.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan awal yang dilakukan, tentang penggunaan laboratorium virtual pada praktikum laju reaksi belum pernah dilaksankan di SMA Negeri 16 Banda Aceh. Dan dari hasil observasi awal yang telah dilakukan pada materi Laju Reaksi menunjukkan bahwa nilai materi laju reaksi masih rendah yang ditunjukkan dengan tingkat capaian hasil belajar peserta didik sebesar 75% dengan nilai KKM mencapai 80. Tingkat capaian materi laju reaksi yang masih rendah disebabkan oleh media pembelajaran yang diterapkan kurang menarik perhatian peserta didik dan terkesan monoton, sehingga peserta didik menjadi jenuh dan pasif dalam mengikuti proses pembelajaran, dan rasa keingintahuan peserta didik terhadap materi yang disampaikan guru rendah. Laboratorium virtual menjadi alternatif mengatasi masalah pemahaman peserta didik. Laboratorium virtual adalah suatu media digital atau aplikasi kegiatan praktikum yang dilaksanakan di laboratorium.
Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas laboratorium virtual pada praktikum laju reaksi di SMA Negeri 16 Banda Aceh. Rancangan penelitian menggunakan metode penelitian pre-eksperimen. Sampel penelitian adalah siswa XI MIPA. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, pemberian tes dan angket. Data hasil tes dianalisis menggunakan n-gain, respon siswa dan guru dianalisis menggunakan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan terdapat efektivitas laboratorium virtual pada praktikum laju reaksi memberikan pengaruh terhadap peserta didik di SMA Negeri 16 Banda Aceh. Hasil Analisis n-gain menunjukkan adanya perbedaan sebesar 0.81 yang berkategori tinggi dengan skor rata-rata pretest 45.5 dan posttest 84.1. Hal ini menunjukkan ada perbedaan setelah menggunakan laboratorium virtual pada praktikum laju reaksi. Efektivitas laboratorium virtual pada praktikum laju reaksi memberikan daya tarik bagi siswa atau berdampak positif dan memberi semangat dalam belajar sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa, dapat dilihat dari persentase yang menjawab setuju sebesar 22.9% dan sangat setuju sebesar 77.1%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa laboratorium virtual efektif dilaksanakan pada praktikum laju reaksi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Riza Mauliani
Date Deposited: 06 Sep 2023 02:48
Last Modified: 06 Sep 2023 02:48
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31835

Actions (login required)

View Item
View Item