Analisis Pengaruh Game Online Terhadap Hasil Belajar PAI di SMP Negeri 1 Banda Aceh

Yusril, 180201025 (2023) Analisis Pengaruh Game Online Terhadap Hasil Belajar PAI di SMP Negeri 1 Banda Aceh. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Game Online, Hasil Belajar] Text (Game Online, Hasil Belajar)
Yusril, 180201025, FTK, PAI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi memberikan dampak yang signifikan terhadap manusia, terutama memasuki abad ke-21 atau yang biasa disebut era globalisasi manusia. Smartphone merupakan salah satu fenomena dari perkembangan teknologi dan informasi, dengan smartphone kita bisa melakukan segala hal, mulai dari melakukan komunikasi, membuka internet, hingga bermain game. Game online sangat mempengaruhi terhadap hasil belajar PAI siswa, terutama dikalangan siswa sekolah menengah pertama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil belajar PAI di SMP Negeri 1 Banda Aceh akibat game online, dan bagaimana upaya yang dilakukan pihak sekolah dalam mengatasi pengaruh game online terhadap hasil belajar PAI di SMP Negeri 1
Banda Aceh. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian deskriptif analisis dan data di peroleh dengan cara penelitian langsung ke lapangan (field research). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa game online tidak mempengaruhi hasil belajar PAI pada aspek kognitif, hal ini dikarenakan dari 30 siswa yang diteliti memiliki nilai rata-rata diatas KKM, ditinjau pada aspek afektif game online dapat mempengaruhi hasil belajar, hal ini dikarenakan 20% dari 30 siswa yang diteliti menyatakan bahwa mereka sering terlambat masuk dan sering bolos sekolah akibat game online, 36,7% lainnya menyatakan bahwa mereka sering mengeluarkan kata-kata kotor dan kasar akibat bermain game online, dan 3,3% diantaranya menyatakan bahwa mereka sering meninggalkan dan menunda kewajiban mereka sebagai pelajar, baik itu kewajiban beribadah maupun kewajiban belajar. Ditinjau dari ranah psikomotorik game online juga dapat mempengaruhi hasil belajar PAI, hal ini dikarenakan akibat bermain game online 15 dari 30 siswa yang diteliti masih sering meninggalkan shalat 5 waktu, 9 dari 30 siswa sering tidak berpuasa, serta 8 dari 30 sering tidak mengaji Al-Quran. Adapun upaya yang dilakukan pihak sekolah untuk mengatasi pengaruh game online terhadap hasil belajar PAI di SMP Negeri 1 Banda Aceh yaitu sekolah menerapkan beberapa ketentuan terhadap penggunaan smartphone dan game online dalam lingkungan sekolah, serta memberikan sanksi dan pembinaan terhadap siswa yang melakukan pelanggaran dan siswa yang mengalami penurunan nilai terhadap beberapa mata pelajaran tanpa terkecuali.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yusril Yusril
Date Deposited: 04 Sep 2023 03:58
Last Modified: 04 Sep 2023 03:58
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31838

Actions (login required)

View Item
View Item