Transformasi Nilai Ikhlas Dalam Proses Pembelajaran Pada PTKIN Aceh

Syahminan, 2005037005 (2023) Transformasi Nilai Ikhlas Dalam Proses Pembelajaran Pada PTKIN Aceh. In: Transformasi Nilai Ikhlas Dalam Proses Pembelajaran Pada PTKIN Aceh. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Transformasi Nilai Ikhlas Dalam Proses Pembelajaran Pada PTKIN Aceh] Text (Transformasi Nilai Ikhlas Dalam Proses Pembelajaran Pada PTKIN Aceh)
LP_P3T_2020-Syahminan.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) merupakan lembaga pendidikan yang berperan pendidikan generasi bangsa, tempat tersebut di penuhi aktor intelektual yang peranannya strategis mendidik generasi bangsa melalui pembelajaran yang berkarakter islami. Salah satu dari karakter penanaman nilai keikhlasan yang di laksanakan pada PTKIN. Perkembangan zaman menjadikan pemahaman keikhlasan selama perlu dikembangkan, sehingga memperkaya dan memperdalam keilmuan. Adapun tujuan penelitian: mengetahui pengembangan nilai- nilai keikhlasan dalam pembelajaran, aplikasi pendidik terhadap nilai ikhlas, dan mengetahui tantangan dialami pendidik dalam penanaman nilai ikhlas. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis kualitatif, teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan telah dokumentasi. Adapun penetapan objek penelitian berdasarkan PTKIN di Aceh: Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry dan STAIN Tgk. Dirundeng. Adapun responden penelitian yaitu dosen dan mahasiswa pilihan. Hasil penelitian: pemahaman pendidik dan mahasiswa terkait transformasi nilai ikhlas menjalankan pembelajaran dengan sebenarnya sesuai SOP, serta menghilangkan gangguan pelaksanaan pembelajaran. Proses transformasi dengan berbagai bentuk, disebabkan berbedanya rumpun keilmuan pendidik dan mahasiswa yang beragam. Proses internalisasi dengan berbagai cara diantaranya keteladanan, memberdayakan potensi diri dalam keseharian serta pemberian nasehat. Adapun tantangan transformasi nilai ikhlas tidak menjadi kendala yang memberikan kerusakan, tetapi memberikan makna positif dalam pengembangan konsep keilmuan. Proses transformasi sangat diperlukan dalam dunia pendidikan, karena berdampak pada terjadinya konstruk keilmuan yang komprehensif, dan tidak lagi terjadi pemaknaan sempit dalam memahami kata ikhlas.

Item Type: Book Section
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Puslitpen Ar-Raniry
Date Deposited: 07 Nov 2023 08:40
Last Modified: 07 Nov 2023 08:40
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31840

Actions (login required)

View Item
View Item