Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Group Investigation pada Materi Pesawat Sederhana di SMP/MTs

Maulida, 190204069 (2023) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Group Investigation pada Materi Pesawat Sederhana di SMP/MTs. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)    Berbasis Group Investigation pada Materi Pesawat Sederhana di SMP/MTs] Text (Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Group Investigation pada Materi Pesawat Sederhana di SMP/MTs)
Maulida, 190204069, FTK, PFS, 082234767926.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)

Abstract

Berdasarkan observasi yang dilakukan peneliti di MTsN 4 Banda Aceh ditemukan bahwa LKPD yang digunakan oleh pendidik belum dilengkapi dengan langkah-langkah penyusunan LKPD yang baik dan benar. Dari masalah tersebut peneliti tertarik melakukan penelitian pengembangan LKPD berbasis group investigation. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk: (1) Mengembangkan LKPD berbasis group investigation pada materi pesawat sederhana; (2) Mengetahui tingkat kelayakan LKPD berbasis Group Investigation pada materi pesawat sederhana; (3) Mengetahui respon peserta didik terhadap LKPD berbasis group investigation pada materi pesawat sederhana. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar validasi ahli materi, ahli media dan lembar angket untuk respon peserta didik. Pengembangan LKPD berbasis group investigation menggunakan metode R&D dengan model ADDIE yang terdiri dari tahap analisis kebutuhan (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation) dan evaluasi (evaluation) yang kemudian menghasilkan sebuah produk berupa LKPD berbasis group investigation pada materi pesawat sederhana. Hasil validasi dari ahli materi memperoleh persentase total sebesar 93,81% dan hasil validasi dari ahli media diperoleh persentase sebesar 91,41% sehingga diperoleh hasil persentase keseluruhan kelayakan sebesar 92,61% dengan kriteria sangat layak. Respon peserta didik terhadap LKPD berbasis group investigation memperoleh persentase sebesar 88,5% dengan kriteria sangat setuju

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences)
600 Technology (Applied Sciences) > 620 Engineering and Allied Operations (Ilmu Teknik dan Ilmu yang Berkaitan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Maulida Maulida
Date Deposited: 05 Sep 2023 02:21
Last Modified: 05 Sep 2023 02:21
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31845

Actions (login required)

View Item
View Item