Dampak Peringatan Hari-Hari Besar Islam Dalam Pemenuhan Jual Beli Bahan Pokok Terhadap Kebutuhan Masyarakat Di Pasar Induk Lambaro Aceh Besar

Khairina, 180602159 (2023) Dampak Peringatan Hari-Hari Besar Islam Dalam Pemenuhan Jual Beli Bahan Pokok Terhadap Kebutuhan Masyarakat Di Pasar Induk Lambaro Aceh Besar. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of PHBI, jual beli, bahan pokok, kebutuhan masyarakat] Text (PHBI, jual beli, bahan pokok, kebutuhan masyarakat)
Khairina, 180602159, FEBI, ES.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Peringatan hari Besar Islam berdampak para pengunjung di pasar Induk Lambaro akan semakin ramai dari hari-hari biasa dikarenakan para pembeli sangat membutuhkan bahan-bahan pokok untuk persiapan lebaran. Dampak ramainya pengunjung mengakibatkan peningkatan pendapatan bagi penjual. Permasalahan utama yang ingi diteliti adalah perbandingan penjualan di hari-hari biasa dengan peringatan hari besar Islam dan dampak peringatan hari Besar Islam terhadap pemenuhan kebutuhan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan penjualan hari-hari biasa dengan pada saat peringatan hari-hari besar Islam di pasar Induk Lambaro Aceh Besar dan mengetahui pengaruh peringatan hari-hari besar Islam terhadap pemenuhan kebutuhan masyarakat. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek pada penelitian ini berjumlah 20 orang yang terdiri dari 10 pedagang bahan pokok dan 10 pembeli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbandingan penjualan bahan pokok di Pasar Induk Lambaro pada peringatan hari besar islam di pasar induk Lambaro yang diperoleh oleh pedagang mengalami peningkatan dibandingkan dengan penjualan pada hari-hari biasa. Pengaruh peringatan hari besar Islam dalam jual beli bahan pokok terhadap kebutuhan msyarakat terdapat dampak positif dan dampak negatif. Dampak positif yaitu meningkatkan pendapatan yang diperoleh oleh pedagang Pasar Induk Lambaro, sedangkan dampak negatif adalah bahan pokok yang harganya mahal membuat masyarakat sulit untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari ditambah kebutuhan rumah tangga yang lain sehingga kesejahteraan sulit untuk diciptakan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Khairina Rina
Date Deposited: 05 Sep 2023 02:22
Last Modified: 05 Sep 2023 02:22
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31847

Actions (login required)

View Item
View Item