Etos Kerja Perempuan dalam Pengentasan Kemiskinan di Wilayah Pesisir Aceh

Firdaus M. Yunus, 2004077703 (2023) Etos Kerja Perempuan dalam Pengentasan Kemiskinan di Wilayah Pesisir Aceh. In: Etos Kerja Perempuan dalam Pengentasan Kemiskinan di Wilayah Pesisir Aceh. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Etos Kerja Perempuan dalam Pengentasan Kemiskinan di Wilayah Pesisir Aceh] Text (Etos Kerja Perempuan dalam Pengentasan Kemiskinan di Wilayah Pesisir Aceh)
LP_P3T_2020-Firdaus.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Banyak perempuan saat ini berperan ganda, di satu sisi mereka sebagai ibu rumah tangga, dan di sisi lain sebagai entitas yang bekerja untuk menambah penghasilan keluarga sehari-hari. Tujuan penelitian ini antara lain adalah untuk mengetahui etos kerja perempuan dalam meningkatkan ekonomi keluarga dan kontribusi mereka dalam pengentasan kemiskinan di wilayah pesisir Aceh Jaya, Aceh Besar dan Pidie. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang sifatnya deskriptif, dalam pengumpulan data metode yang digunakan meliputi tiga cara, yang meliputi observasi partisitipan, wawancara mendalam dengan informan yang ditentukan, dan mengggali dokumentasi berupa sumber- sumber referensi yang ada di perpustakaan, toko-toko buku atau pada jurnal-jurnal online. Adapun hasil penelitian antara lain adalah: (1) Perempuan di daerah pesisir Aceh Jaya, Aceh Besar, dan Pidie memiliki etos kerja yang tinggi dalam menata ekonomi keluarga mereka masing- masing. (2) Dari tiga wilayah penelitian, perempuan di Keude Unga, Aceh Jaya lebih dominan bekerja sebagai pembuat dan penjual ikan asin. Perempuan di Meunasah Tuha, Aceh Besar lebih dominan menghasilkan aneka kerajinan tangan dari rotan. Dan manyoritas perempuan di Cebrek, Pidie aktif pada usaha pembuatan garam. Keterlibatan perampuan di luar rumah dan bekerja pada sektor publik tidak lain untuk menopang kekurangan ekonomi keluarga di saat suami mereka tidak bisa melakukan aktivitas rutin sebagai nelayan karena faktor cuaca atau faktor-faktor penghambat lainnya.

Item Type: Book Section
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 303 Proses sosial
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Filsafat Agama
Depositing User: Puslitpen Ar-Raniry
Date Deposited: 07 Nov 2023 08:41
Last Modified: 07 Nov 2023 08:41
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31852

Actions (login required)

View Item
View Item