Pengembangan Modul Pengetahuan Lingkungan Berbasis Inkuiri dan Nilai Islami di PTKIN Aceh

Amna Emda, 2009076801 (2023) Pengembangan Modul Pengetahuan Lingkungan Berbasis Inkuiri dan Nilai Islami di PTKIN Aceh. In: Pengembangan Modul Pengetahuan Lingkungan Berbasis Inkuiri dan Nilai Islami di PTKIN Aceh. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengembangan Modul Pengetahuan Lingkungan Berbasis Inkuiri dan Nilai Islami di PTKIN Aceh] Text (Pengembangan Modul Pengetahuan Lingkungan Berbasis Inkuiri dan Nilai Islami di PTKIN Aceh)
LP_P3T_2020-Amna Emda.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Berdasarkan analisis kebutuhan peneliti yang dilakukan dalam pembelajaran mata kuliah pengetahuan lingkungan dosen belum mengintegrasikan pembelajaran inkuiri dan nilai Islami. Berdasarkan permasalahan tersebut, salah satu upaya agar mencapai tujuan pembelajaran diperlukan bahan ajar yang berbasis inkuiri dan nilai islami agar mahasiswa dapat meningkatkan literasi sains. Penelitian ini bertujuan (1) mendesain modul pengetahuan lingkungan berbasis inkuiri dan nilai Islami dan (2) menilai kelayakan modul pengetahuan lingkungan berbasis inkuiri dan nilai Islami menurut penilaian para ahli. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang mengacu pada model ADDIE yang mana pada penelitian ini tidak menggunakan langkah implementasi. Instrumen penelitian berupa lembar validasi dari ahli media 2 orang, ahli materi sains 3 orang dan ahli materi Alquran dan tafsir 2 orang dengan empat kategori penilaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) desain pengembangan modul berbasis inkuiri dan nilai Islami terdiri dari tiga langkah yaitu analisis kebutuhan, desain produk, dan pengembangan produk., (2) kelayakan modul pengetahuan lingkungan berbasis inkuiri dan nilai islami yang dinilai oleh ahli media berada pada kategori layak (79%), ahli substansi materi sains juga berada pada kategori layak (80%) dan substansi ahli materi Alquran dan tafsir berada pada kategori layak (74%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa modul pengetahuan lingkungan berbasis inkuiri dan nilai islami dapat digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Book Section
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Puslitpen Ar-Raniry
Date Deposited: 07 Nov 2023 08:41
Last Modified: 07 Nov 2023 08:41
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31853

Actions (login required)

View Item
View Item