Eksistensi Mptt Dan Implikasinya Terhadap Praktek Keagamaan Masyarakat Kota Banda Aceh

Fazlul Ridha, 191009013 (2023) Eksistensi Mptt Dan Implikasinya Terhadap Praktek Keagamaan Masyarakat Kota Banda Aceh. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Eksistensi Mptt Dan Implikasinya Terhadap Praktek Keagamaan Masyarakat Kota Banda Aceh] Text (Eksistensi Mptt Dan Implikasinya Terhadap Praktek Keagamaan Masyarakat Kota Banda Aceh)
8. TESIS FULL (1).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berangkat dari kenyataan hadirnya Majelis Pengkajian Tauhid Tasawuf (MPTT) di Banda Aceh yang seringkali menimbulkan gesekan dengan beberapa gerakan keagamaan lain di Banda Aceh. Penelitian ini berusaha menjawab tiga rumusan masalah, pertama, bagaimana sejarah kemunculan MPTT dan pergerakannya di Kota Banda Aceh? Kedua, bagaimana strategi MPTT dalam mempertahankan gerakannya di Banda Aceh? Ketiga, bagaimana dampak kehadiran MPTT bagi kehidupan sosial keagamaan warga Kota Banda Aceh. Penelitian dilakukan dengan metode kualitatif, yakni mengambil data berdasarkan fenomena yang terjadi di lapangan (field research) melalui observasi dan wawancara yang mendalam. Hasil penelitian menujukkan: pertama, munculnya MPTT di Banda Aceh melalui Abi Syukri Pango yang merupakan murid Abuya Amran Waly. Kedua, strategi MPTT dalam mempertahankan gerakannya di Banda Aceh yaitu dengan meminta dukungan dari Pemerintah Pusat, menjadikan Abuya Amran Waly Al-Khalidy sebagai pemegang otoritas tertinggi, memanfaatkan afiliasi politik di Aceh khusunya Banda Aceh, menerapkan prinsip-prinsip koeksistensi dan harmonisasi antar sesama kelompok Islam lain yang ada di Aceh, membangun jaringan dengan kampus-kampus yang ada di Banda Aceh, dan mendapat dukungan dari pimpinan pemerintahan di Kota Banda Aceh. Ketiga, dampak kehadiran MPTT telah mempengaruhi kehidupan sosial keagamaan masyarakat kota Banda Aceh. Ada yang bersifat positif seperti hadirnya kegiatan Rateb Siribee dan ada yang negatif, seperti terjadinya polemik berkepanjangan antar Organisasi Keagamaan di Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.06 Sosiologi Hukum Islam
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Ilmu Agama Islam
Depositing User: Fazlul Ridha Ridha
Date Deposited: 06 Sep 2023 04:26
Last Modified: 06 Sep 2023 04:26
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31856

Actions (login required)

View Item
View Item