Pengembangan Nilai Moral Pada Anak Usia Dini Melalui Metode Keteladanan Di Paud Kota Langsa

Rafidhah Hanum, 2003078903 (2023) Pengembangan Nilai Moral Pada Anak Usia Dini Melalui Metode Keteladanan Di Paud Kota Langsa. In: Pengembangan Nilai Moral Pada Anak Usia Dini Melalui Metode Keteladanan Di Paud Kota Langsa. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengembangan Nilai Moral Pada Anak Usia Dini Melalui Metode Keteladanan Di Paud Kota Langsa] Text (Pengembangan Nilai Moral Pada Anak Usia Dini Melalui Metode Keteladanan Di Paud Kota Langsa)
LP_PDPS_2020-Rafidhah Hanum.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah terdapat anak yang memiliki nilai moral yang baik dan pembelajaran nilai moral yang dilakukan oleh guru sudah bersifat aplikatif terhadap siswa. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana implementasi pengembangan nilai moral pada anak usia dini usia melalui metode keteladanan di PAUD Thursina dan PAUD Al- Faiz Kota Langsa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru kelas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara garis besar pengembangan nilai moral anak usia di PAUD Al Faiz dan PAUD Thursnina Kota Langsa, sudah dilakukan dengan baik. Pelaksanaan dilakukan dengan menggunakan metode dan teknik pembelajaran yang bervariatif, keterlibatan orang tua, strategi pengembangan nilai moral dan dalam pelaksanaan KBM. Sementara evaluasi dalam pengembangan nilai moral dilakukan dengan cara penilaian, namun dalam pelaksanaannya tidak ada penilaian secara khusus, tetapi bergabung dalam segala bidang. Faktor pendukung dalam implementasi pengembangan nilai moral di PAUD Al Faiz dan PAUD Thursnina meliputi: 1) adanya workshop bagi pendidik dalam mengembangkan nilai moral, 2) adanya papan pembiasaan dan papan nasehat tentang nilai moral, 3) adanya sarana dan prasarana pembelajaran yang memadai. Sementara faktor penghambat dalam pengembangan nilai moral di PAUD Al Faiz dan PAUD Thursnina meliputi: 1) perbedaan pola asuh orang tua pada peserta didik, 2) kurangnya kerjasama dari orang tua murid, 3) waktu pembelajaran yang terbatas, 4) perbedaan kemampuan anak dalam mengikuti pembelajaran.

Item Type: Book Section
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar
Depositing User: Puslitpen Ar-Raniry
Date Deposited: 07 Nov 2023 08:41
Last Modified: 07 Nov 2023 08:41
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31861

Actions (login required)

View Item
View Item