Pengembangan Modul Elektronik Berbasis Simulasi PhET Pada Materi Getaran dan Gelombang

Wanda Hamidah, 190204016 (2023) Pengembangan Modul Elektronik Berbasis Simulasi PhET Pada Materi Getaran dan Gelombang. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengembangan Modul Elektronik Berbasis] Text (Pengembangan Modul Elektronik Berbasis)
Wanda Hamidah,190204016, FTK, PFS, 081397179086.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

PhET simulations adalah salah satu media komputasi yang meyediakan animasi baik fisika, biologi, maupun sains yang lain dalam bentuk blog. Dari hasil lapangan yang di dapat yaitu proses belajar mengajar guru menggunakan teks book, metode pengajaran berupa ceramah dan penugasan dan hal ini juga dikemukakan oleh beberapa siswa yang mengatakan proses pembelajaran selama ini hanya menggunakan teori saja, jarang sekali menggunakan eksperimen atau demontrasi di laboratorium. Maka untuk menyikapi hal tersebut, dalam proses pembelajaran membutuhkan media teknolgi berupa PhET simulations untuk memperlancar proses pembelajaran. Penelitian dan Pengambangan ini bertujuan untuk mendesain modul elektronik berbasis simulasi PhET pada materi getaran dan gelombang di SMP/MTs dan untuk mengetahui kelayakan modul elektronik berbasis simulasi PhET pada materi getaran dan gelombang di SMP/MTs. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Researc and Development (R&D) dengan model Alessi and Trolip. Model Alessi and Trolip yang terdiri dari 3 tahapan yaitu (1) Tahap planning (perencanaan), (2) Tahap design (perancangan), dan (3) Tahap development (pengembangan). Modul elektronik berbasis PhET berbantu aplikasi Flip PDF Profesional. Produk yang dihasilkan dari penelitian ini adalah modul elektronik berbasis simulasi PhET pada materi getaran dan gelombang di SMP/MTs. Hasil dari validasi ahli materi 90,55% dan hasil validasi dari ahli media 96,75%, sehingga produk yang dikembangkan dinyatakan sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 660 Chemical Engineering and Related Technologies (Teknologi Kimia dan Ilmu yang Berkaitan)
600 Technology (Applied Sciences) > 670 Manufacturing (Pabrik-pabrik, Manufaktur)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Wanda Hamidah Wanda
Date Deposited: 05 Sep 2023 02:16
Last Modified: 05 Sep 2023 02:16
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31874

Actions (login required)

View Item
View Item