Pengembangan Video Pembelajaran Animasi Berbasis Plotagon pada Materi Getaran Harmonis Jenjang SMA/MA

Reihanum Firauzana, 190204002 (2023) Pengembangan Video Pembelajaran Animasi Berbasis Plotagon pada Materi Getaran Harmonis Jenjang SMA/MA. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengembangan Video Pembelajaran] Text (Pengembangan Video Pembelajaran)
Reihanum Firauzana, 190204002, FTK, PFS, 082273430977.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan media pembelajaran yang tidak variatif dan pembahasan salah satu materi fisika yang tidak tuntas yaitu materi getaran harmonis. Hal ini mengakibatkan siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep dan persamaan yang terdapat pada materi getaran harmonis. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka dilakukan pengembangan video pembelajaran animasi supaya dapat memberikan pemahaman kepada siswa terkait materi getaran harmonis serta menjadi sebuah media digital yang dapat digunakan dalam jangka waktu panjang karena bersifat fleksibel sehingga dapat digunakan dimana saja untuk mengulang kembali materi getaran harmonis. Tujuan penelitian ini, yaitu: (1) Untuk mendesain video pembelajaran animasi berbasis plotagon pada materi getaran harmonis jenjang SMA/MA; (2) Untuk mengetahui kelayakan video pembelajaran animasi berbasis plotagon pada materi getaran harmonis jenjang SMA/MA dan (3) Untuk mengetahui kepraktisan video pembelajaran animasi berbasis plotagon pada materi getaran harmonis jenjang SMA/MA. Penelitian ini menggunakan metode Design and Development Research (DDR) yang berlandasan pada model pengembangan Alessi dan Trollip. Dalam penelitian ini menghasilkan suatu produk berupa video pembelajaran animasi berbasis plotagon pada materi getaran harmonis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa video pembelajaran animasi berbasis plotagon pada materi getaran harmonis sudah memenuhi kategori sangat layak. Hal ini ditentukan berdasarkan hasil validasi dari ahli media dengan persentase sebesar 93% termasuk dalam kriteria “sangat layak” dan hasil validasi dari ahli materi diperoleh persentase sebesar 89% dengan kriteria “sangat layak”. Adapun Hasil penilaian kepraktisan oleh siswa mendapatkan persentase sebesar 84% dengan kategori “sangat praktis” digunakan dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran animasi berbasis plotagon dapat digunakan dalam proses pembelajaran

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Reihanum Firauzana Hanum
Date Deposited: 05 Sep 2023 02:14
Last Modified: 05 Sep 2023 02:14
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31875

Actions (login required)

View Item
View Item