Hubungan Body Image Dengan Perilaku Konsumtif Produk Kecantikan Pada Mahasiswi UIN Ar-Raniry Banda Aceh

Mega Retno Saputri, 180901116 (2023) Hubungan Body Image Dengan Perilaku Konsumtif Produk Kecantikan Pada Mahasiswi UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Hubungan Body Image Dengan Perilaku Konsumtif  Produk] Text (Hubungan Body Image Dengan Perilaku Konsumtif Produk)
Mega Retno Saputri, 180901116, FPSI, PSI, 085361526045.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Mahasiswi memiliki kecenderungan melakukan pembelian impulsif disebabkan karena memiliki karakteristik mudah terbujuk rayu, kekhawatiran akan penampilan dan kurangnya pengendalian diri yang mana dapat mengarah pada perilaku konsumtif. Salah satu yang mempengaruhi perilaku konsumtif adalah body image. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan body image dengan perilaku konsumtif produk kecantikan pada mahasiswi UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Alat ukur yang digunakan pada penelitian ini adalah skala body image yang disusun berdasarkan aspek yang dikemukakan oleh Cash dan Pruzinsky dan skala perilaku konsumtif yang disusun berdasarkan aspek-aspek yang dikemukakan oleh Sumartono. Jumlah populasi sebanyak 12.276 dengan sampel sebanyak 381 mahasiswi. Pengambilan sampel menggunakan metode non-probability sampling dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan koefisien korelasi rho (ρ) sebesar 0,202 dengan p=0,000 yang menandakan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara body image dengan perilaku konsumtif produk kecantikan pada mahasiswi UIN Ar-Raniry. Artinya hipotesis pada penelitian ini diterima yaitu semakin tinggi body image semakin rendah perilaku konsumtif, begitupun sebaliknya semakin rendah body image maka semakin tinggi body image.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 307 Komunitas
Divisions: Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Depositing User: Mega Retno Saputri
Date Deposited: 05 Sep 2023 02:43
Last Modified: 05 Sep 2023 02:43
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31879

Actions (login required)

View Item
View Item