Hubungan Self esteem Dengan Fear of Missing Out pada Mahasiswa Pengguna Media Sosial di Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

Putri Syawalli, 170901169 (2023) Hubungan Self esteem Dengan Fear of Missing Out pada Mahasiswa Pengguna Media Sosial di Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Self-Esteem, Fear of Missing Out, Mahasiswa.] Text (Self-Esteem, Fear of Missing Out, Mahasiswa.)
Putri Syawalli, 170901169, FPSI, PSI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Fear of Missing Out (FoMO) adalah ketakutan yang dirasakan individu ketika individu tidak mengetahui pengalaman atau kegiatan orang lain yang dianggap menarik. Salah satu faktor yang mempengaruhi FoMO adalah Self-Esteem. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara FoMO dengan Self-Esteem mahasiswa UIN Ar-Raniry. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik stratified cluster sampling sebanyak 342 mahasiswa. Data penelitian ini diambil dengan menggunakan skala likert. Terdapat dua skala pada penelitian ini yaitu Skala Self-Esteem yang dibuat berdasarkan aspek milik Coopersmith (Hidayat & Bashori, 2016) dengan hasil reliabilitas sebesar α= 0,897, dan Skala FoMO yang dibuat berdasarkan aspek milik Przybylski, dkk (2013) dengan hasil reliabilitas sebesar α= 0,927. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah korelasi Rank Spearman dengan nilai rs sebesar -0,839 dengan p = 0,000 (<0,05), yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang negatif dan sangat signifikan antara Self-Esteem dengan FoMO pada mahasiswa UIN Ar-Raniry Banda Aceh, yang berarti semakin tinggi Self-Esteem maka semakin rendah FoMO pada mahasiswa UIN Ar-Raniry Banda Aceh, sebaliknya semakin rendah Self-Esteem maka semakin tinggi FoMO pada mahasiswa UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Depositing User: Putri Syawalli Putri
Date Deposited: 05 Sep 2023 02:42
Last Modified: 05 Sep 2023 02:42
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31899

Actions (login required)

View Item
View Item