Sinergitas Pemerintah Aceh dalam Upaya Penanganan Anak Korban Kekerasan Seksual

Nashriyah, 2019086901 (2023) Sinergitas Pemerintah Aceh dalam Upaya Penanganan Anak Korban Kekerasan Seksual. In: Sinergitas Pemerintah Aceh dalam Upaya Penanganan Anak Korban Kekerasan Seksual. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Sinergitas Pemerintah Aceh dalam Upaya Penanganan Anak Korban Kekerasan Seksual] Text (Sinergitas Pemerintah Aceh dalam Upaya Penanganan Anak Korban Kekerasan Seksual)
LP_PDI_2020-Nashriyah.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Berbagai kasus kekerasan terhadap anak, khususnya kasus kekerasan seksual yang muncul ke permukaan yang tiada hentinya dan bahkan cenderung makin meningkat menyebabkan peneliti tertarik untuk meneliti lebih dalam tentang sinergitas para stakeholder pemerintah dalam penanganan kasus ini. Mengetahui hal ini terkait dengan upaya preventif yang dapat ditawarkan untuk penanganan efektif kasus ini oleh pemerintah. Penelitian ini berusaha untuk mengetahui; 1) bentuk sinergitas Pemerintah Aceh dalam menangani kasus kekerasan seksual terhadap anak, 2) upaya yang telah dilakukan Pemerintah Aceh dalam menangani kasus kekerasan seksual terhadap anak, 3) kendala Pemerintah Aceh dalam menangani kasus kekerasan seksual terhadap anak, dan 4) hasil yang dicapai dari sinergitas yang telah terjalin tersebut. Penelitian lapangan ini bersifat deskriptif kualitatif menggunakan penelitian metode analitik. Sumber data dalam penelitian berasal dari 10 informan yang ditentukan berdasarkan teknik purposive sampling. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menempuh beberapa langkah, yaitu observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Dalam melakukan pengolahan dan analisis data, peneliti menggunakan data reduction, data display dan conclusion drawing/ verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam menangani kasus kekerasan seksual terhadap anak, dilakukan MoU antar lintas sektoral. Secara umum, upaya yang dilakukan adalah pencegahan, penanganan dan pemberdayaan melalui sosilisasi dan upaya lainnya yang melibatkan berbagai pihak. Ada juga upaya yang dikhususkan bagi si korban dan pelaku. Selanjutnya, tiga aspek utama yang menjadi kendala dalam menangani kasus kekerasan seksual terhadap anak, yaitu dari sisi masyarakat, birokrasi dan instansi pemerintahnya. Dengan v demikian, hasil yang dicapai dari sinergitas yang telah terjalin lintas sektoral tersebut, cukup baik dan mendukung program pemerintah.

Item Type: Book Section
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Puslitpen Ar-Raniry
Date Deposited: 07 Nov 2023 08:43
Last Modified: 07 Nov 2023 08:43
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31902

Actions (login required)

View Item
View Item