Pengaruh Komunikasi dalam Menciptakan Keharmonisan dalam Rumah Tangga di Kecamatan Johan Pahlawan Aceh Barat

Baharuddin Bancin, 2031126511 (2023) Pengaruh Komunikasi dalam Menciptakan Keharmonisan dalam Rumah Tangga di Kecamatan Johan Pahlawan Aceh Barat. In: Pengaruh Komunikasi dalam Menciptakan Keharmonisan dalam Rumah Tangga di Kecamatan Johan Pahlawan Aceh Barat. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengaruh Komunikasi dalam Menciptakan Keharmonisan dalam Rumah Tangga di Kecamatan Johan Pahlawan Aceh Barat] Text (Pengaruh Komunikasi dalam Menciptakan Keharmonisan dalam Rumah Tangga di Kecamatan Johan Pahlawan Aceh Barat)
LP_PDI_2020-Baharuddin.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (770kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Pengaruh Komunikasi dalam Menciptakan Keharmonisan Rumah Tangga di Kecamatan Johan Pahlawan Kabupaten Aceh Barat. Keharmonisan keluarga suatu keadaan di mana anggota keluarga tersebut menjadi satu dan setiap anggota menjalankan hak dan kewajibannya masing-masing, terjalin kasih sayang, saling pengertian, dialog dan kerjasama yang baik antara anggota keluarga. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pola komunikasi dalam menciptakan rumah tangga harmonis, menganalisis aspek komunikasi terhadap keharmonisan berumah tangga dan mengidentifikasi kendala dalam menciptakan rumah tangga harmonis. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) pola komunikasi yang dapat menciptakan keharmonisan rumah tangga di antaranya adalah melakukan komunikasi interpersonal, saling percaya dan pengertian, komunikasi secara langsung dan dengan lemah lembut; (2) aspek komunikasi dalam berumah tangga adalah pola komunikasi dan penyesuaian, kesibukan suami istri, masalah keuangan, buruknya pengasuhan anak dan tidak saling percaya; (3) kendala dalam menciptakan rumah tangga harmonis adalah komunikasi yang tidak baik, aspek keluarga, aspek ekonomi, ketidaksetiaan dan tidak bekerja sama dalam mengasuh, menjaga dan membimbinga anak- anaknya.

Item Type: Book Section
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 304 Faktor yang mempengaruhi tingkah laku sosial
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 360 Social Problems and Services (Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Puslitpen Ar-Raniry
Date Deposited: 07 Nov 2023 08:44
Last Modified: 07 Nov 2023 08:44
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31903

Actions (login required)

View Item
View Item