Pendidikan Karakter Menurut Imam Nawawi dan Aplikasinya dalam Kehidupan Masyarakat Aceh

Wanty Khaira, 2013067603 (2023) Pendidikan Karakter Menurut Imam Nawawi dan Aplikasinya dalam Kehidupan Masyarakat Aceh. In: Pendidikan Karakter Menurut Imam Nawawi dan Aplikasinya dalam Kehidupan Masyarakat Aceh. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pendidikan Karakter Menurut Imam Nawawi dan Aplikasinya dalam Kehidupan Masyarakat Aceh] Text (Pendidikan Karakter Menurut Imam Nawawi dan Aplikasinya dalam Kehidupan Masyarakat Aceh)
LP_PDI_2020-Wanty Khaira.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Karakter bisa diartikan sebagai tabiat, watak, sifat-sifat kejiwaan, akhlak atau budi pekerti yang membedakan seseorang dari yang lain. Salah satu karya Imam Nawawi ra. adalah Kitab Riyadhus Shalihin yang merupakan sebuah kitab yang sangat masyhur dalam dunia Islam. Kitab ini telah dijadikan pegangan bertahun-tahun di kalangan para ulama, pelajar dan penuntut ilmu agama di belahan dunia Islam. Isi kandungan karya Imam Nawawi ra. ini mampu menata dan menumbuhkan kekuatan berjiwa besar pada seseorang dalam beribadah kepada Allah SWT pencipta alam semesta, karena dengan beribadah kepada Allah SWT dapat mengantar seseorang kepada kebaikan dan kebahagiaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aplikasi pendidikan karakter menurut Imam Nawawi ra. dalam lingkungan Madrasah Aliyah di Aceh. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan data-data kepustakaan yang diperlukan, terutama karangan Imam Nawawi ra. Pengumpulan data juga menggunakan observasi dan wawancara dengan masyarakat di lingkungan Madrasah Aliyah di Aceh untuk mendapatkan data aplikasi pendidikan karakter menurut Imam Nawawi ra. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan karakter menurut Imam Nawawi ra. berkaitan dengan Perintah, berkaitan dengan Peringatan dan berkaitan dengan Petunjuk serta karakter dengan Allah dan dengan Makhluk. Bagi masyarakat di lingkungan Madrasah Aliyah di Aceh telah mengaplikasikan pendidikan karakter yang telah dirumuskan oleh Imam Nawawi ra. sebagai peraturan yang berlaku di lingkungan Madrasah.

Item Type: Book Section
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Puslitpen Ar-Raniry
Date Deposited: 07 Nov 2023 08:44
Last Modified: 07 Nov 2023 08:44
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31910

Actions (login required)

View Item
View Item