Modifikasi Drum Dekomposter untuk Pembuatan Sargassum Liquid Fertilizer dengan Metode Pengomposan Anaerob

Nurhayati, 2014058901 (2023) Modifikasi Drum Dekomposter untuk Pembuatan Sargassum Liquid Fertilizer dengan Metode Pengomposan Anaerob. In: Modifikasi Drum Dekomposter untuk Pembuatan Sargassum Liquid Fertilizer dengan Metode Pengomposan Anaerob. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Modifikasi Drum Dekomposter untuk Pembuatan Sargassum Liquid Fertilizer dengan Metode Pengomposan Anaerob] Text (Modifikasi Drum Dekomposter untuk Pembuatan Sargassum Liquid Fertilizer dengan Metode Pengomposan Anaerob)
LP_PDI_2020-Nurhayati.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untukmenentukan desain reaktor dekomposter terbaik denganmenerapkan prinsip sifon untuk mengoptimalkan pembuatan Sargassum Liquid Fertilizer (SFL) dan mengukur kadar unsur hara makro dan mikro serta kadar asam humat dan fulvat.Produksi SLF menggunakan metode dekomposisi anaerobik dengan activator EM4 dan media fermentasi berupa campuran limbah ikan tongkol dan potongan pohon pisang. Fermentasi menggunakan botol air minum 600 mL dengan pipa penghubung yang divariasi diameter dan panjangnya.Modifikasi pipa penghubung dengan kode L3 (d = 1,5 cm dan l = 20 cm) teramati menghasilkan kadar kadar makronutrien terbaik sedangkan kandungan beberapa mikronutriennya (Mn, Cu, Zn, Cd, dan Co) di luar rentang dalam Permentan 70/SR.140/10/2011.

Item Type: Book Section
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat) > 575 Bagian Spesifik dan sistem Fisiologi Pada Tumbuhan
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Biologi
Depositing User: Puslitpen Ar-Raniry
Date Deposited: 07 Nov 2023 08:44
Last Modified: 07 Nov 2023 08:44
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31911

Actions (login required)

View Item
View Item