Pengaruh Model Creative Problem Solving (CPS) Terhadap Hasil Belajar Pada pembelajaran Tematik Siswa Kelas III MIN 39 Aceh Besar

Muhammad Ikhbal, 160209042 (2023) Pengaruh Model Creative Problem Solving (CPS) Terhadap Hasil Belajar Pada pembelajaran Tematik Siswa Kelas III MIN 39 Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengaruh Model Creative Problem Solving] Text (Pengaruh Model Creative Problem Solving)
Muhammad Ikhbal, 160209042, FTK, PGIMI, 082211660052.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Permasalahan yang diperoleh dari hasil observasi awal peneliti di kelas III MIN 39 Aceh Besar menunjukka suasana kelas terlihat cenderung pasif dan hanya beberapa siswa yang bertanya pada guru.Hal ini tentunya berdampak pada hasil belajar yang dimiliki siswa. Hasil belajar siswa tidak sesuai dengan KKM atau berada dibawah KKM. Berdasarkan wawancara dengan guru kelas III, hanya 48% siswa yang sudah mencapai target belajar dari jumlah keseluruhan siswa. Sementara pembelajaran dikatakan berhasil apabila persentase KBM 70% dari keseluruhan siswa. Berdasarkan masalah tersebut maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Creative Problem Solving (CPS) terhadap hasil belajar siswa kelas III MIN 39 Aceh Besar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen.Adapun desain yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah Non Equivalent Control Group Desain. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III MIN 39 Kabupaten Aceh Besar dengan jumlah kelas III terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas IIIa dengan jumlah siswa 18 orang dan IIIb dengan jumlah siswa 17 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan tes. Analisis data dilakukan dengan tiga langkah, yaitu uji normalitas, homogenitas dan uji t. Berdasarkan hasil penelitian terdapat pengaruh model Creative Problem Solving terhadap hasil belajar siswa kelas III MIN 39 Aceh Besar. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji Independent Sample t-test yang memiliki nilai <0.001

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
600 Technology (Applied Sciences)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Muhammad Ikhbal Ikhbal
Date Deposited: 05 Sep 2023 02:58
Last Modified: 05 Sep 2023 02:58
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31926

Actions (login required)

View Item
View Item