Sebab-Sebab Perceraian (Analisis Terhadap Kasus Pada Mahkamah Syar’iyah Bireuendan Mahkamah Syar’iyah Simpang Tiga Redelong Tahun 2019-2021 Serta Korelasinya Dengan Kitab Al-Mughni Karya Ibnu Qudamah)

Khalida Munastika, 190103065 (2023) Sebab-Sebab Perceraian (Analisis Terhadap Kasus Pada Mahkamah Syar’iyah Bireuendan Mahkamah Syar’iyah Simpang Tiga Redelong Tahun 2019-2021 Serta Korelasinya Dengan Kitab Al-Mughni Karya Ibnu Qudamah). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Syariah dan Hukum.

[thumbnail of Sebab-Sebab Perceraian (Analisis Terhadap Kasus Pada Mahkamah Syar’iyah Bireuendan Mahkamah Syar’iyah Simpang Tiga Redelong Tahun 2019-2021 Serta Korelasinya Dengan Kitab Al-Mughni Karya Ibnu Qudamah)] Text (Sebab-Sebab Perceraian (Analisis Terhadap Kasus Pada Mahkamah Syar’iyah Bireuendan Mahkamah Syar’iyah Simpang Tiga Redelong Tahun 2019-2021 Serta Korelasinya Dengan Kitab Al-Mughni Karya Ibnu Qudamah))
Khalida Munastika, 190103065, FSH, PMH, 082236202551 .pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Kasus perceraian di Mahkamah Syar’iyah Bireuen dan Mahkamah Syar’iyah Simpang Tiga Redelong cenderung meningkat sejak tahun 2019-2021. Terdapat tiga rumusan masalah dalam penelitian ini. Pertama, apakah sebab-sebab perceraian di Mahkamah Syar’iyah Bireuen dan Mahkamah Syar’iyah Simpang Tiga Redelong? Kedua, apakah kasus yang mendominasi sebab-sebab terjadinya perceraian di Mahkamah Syar’iyah Bireuen dan Mahkamah Syar’iyah Simpang Tiga Redelong pada tahun 2019-2021? Ketiga, bagaimana korelasi sebab-sebab terjadinya perceraian di Mahkamah Syar’iyah Bireuen dan Mahkamah Syar’iyah Simpang Tiga Redelong dengan kitab Al-Mughni? Metode penelitian yang digunakan adalah Metode Kualitatif dengan pendekatan studi analisis Komparatif sebab-sebab perceraian di Mahkamah Syar’iyah Bireuen dan Mahkamah Syar’iyah Simpang Tiga Redelong dan dianalisis dengan kitab Al-Mughni. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama, sebab-sebab perceraian di Mahkamah Syar’iyah Bireuen tahun 2019-2021 yaitu: perselisihan dan pertengkaran terus-menerus, meninggalkan salah satu pihak, dihukum penjara, KDRT, ekonomi, cacat badan, madat, mabuk, murtad, dan poligami. Dan di Mahkamah Syar’iyah Simpang Tiga Redelong tahun 2019-2021 yaitu perselisihan dan pertengkaran terus-menerus, meninggalkan salah satu pihak, ekonomi, KDRT, dihukum penjara, murtad, kawin paksa, cacat badan, poligami, mabuk, dan judi. Kedua, kasus perceraian yang mendominasi di Mahkamah Syar’iyah Bireuen adalah sama dengan Mahkamah Syar’iyah Simpang Tiga Redelong yaitu: perselisihan dan pertengkaran terus-menerus. Ketiga, tidak terdapat korelasi antara sebab-sebab perceraian di Mahkamah Syar’iyah Bireuen dan Mahkamah Syar’iyah Simpang Tiga Redelong tahun 2019-2021 dengan kitab Al-Mughni, karena sebab-sebab perceraian yang disebutkan dalam kitab Al-Mughni yaitu: khulu’, nusyuz, lia’an, zhihar, dan ila’, dan ini sama sekali berbeda dengan sebab-sebab perceraian pada Mahkamah Syar’iyah Bireuen dan Mahkamah Syar’iyah Simpang Tiga Redelong.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Perbandingan Mazhab
Depositing User: Khalida Munastika
Date Deposited: 05 Sep 2023 02:58
Last Modified: 05 Sep 2023 02:58
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31927

Actions (login required)

View Item
View Item