Keutamaan Tempat Shalat Bagi Kaum Wanita (Analisis Perbandingan Hadis Antara Shalat Di Rumah Dan Masjid)

M. Andreansyah Sitorus, 190103011 (2023) Keutamaan Tempat Shalat Bagi Kaum Wanita (Analisis Perbandingan Hadis Antara Shalat Di Rumah Dan Masjid). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Syariah dan Hukum.

[thumbnail of Keutamaan Tempat Shalat Bagi Kaum Wanita (Analisis Perbandingan Hadis Antara Shalat Di Rumah Dan Masjid)] Text (Keutamaan Tempat Shalat Bagi Kaum Wanita (Analisis Perbandingan Hadis Antara Shalat Di Rumah Dan Masjid))
M. Andreansyah Sitorus, 190103011, FSH, PMH, 081267725279.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Tempat shalat bagi wanita merupakan salah satu pembahasan penting yang dipaparkan oleh para ulama. Hal ini dikarenakan tempat shalat menjadi awal suatu perbuatan yang penting bagi seorang hamba untuk dekat kepada penciptanya yaitu Allah Swt. Namun demikian, banyak perbedaan pendapat dikalangan ulama tentang keutamaan tempat shalat bagi wanita. Hal ini terjadi karena perbedaan dalam memahami hadis yang diriwayat Aisyah dan Ibnu Mas’ud. Dengan adanya perbedaan hadis ini maka penulis perlu untuk meneliti hadis tersebut agar dapat diketahui maksudnya dan mengetahui jawaban atas pertanyaan yang penulis ajukandalam skripsi ini. Rumusan masalah dalam skripsi ini yaitu: pertama Bagaimana pemahaman para ulama terhadap hadis-hadis keutamaan tempat shalat kaum wanita?. Kedua Bagaimana metode istinbath hukum dari hadis-hadis tersebut?. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan kajian kepustakaan dan penelitian ini dalam menyelesaikan perbedaan hadis-hadis tersebut menggunakan metode al-jam’u wa at-Taufiq yaitu menyelasikan dengan cara mengkompromikan hadis yang berbeda tersebut. hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tempat yang paling utama bagi wanita untuk melaksanakan shalat adalah di rumahnya tetapi apabila wanita ingin melaksanakan shalat di masjid dibolehkan dengan syarat: tidak memakai wewangian, tidak memakai perhiasan, dan harus mendapat izin dari suaminya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Perbandingan Mazhab
Depositing User: M. Andreansyah Sitorus
Date Deposited: 05 Sep 2023 02:58
Last Modified: 05 Sep 2023 02:58
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31930

Actions (login required)

View Item
View Item