Ita Erlia Sartika, 160901122 (2023) Hubungan Antara Persepsi Pola Asuh Permisif Dengan Prokastinasi Akademik Pada Mahasiswa Yang Sedang Mengerjakan Skripsi Di Universitas Muhammadiyah Aceh. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.
Ita Erlia Sartika, 160901122, FPSI, PSI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (11MB)
Abstract
Dampak dari prokrastinasi akademik bisa membuat seorang mahasiswa terlambat dalam menyelesaikan studinya. Salah satu pennyebabnya adalah pola asuh permisif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi pola asuh permisif terhadap prokrastinasi akademik pada mahasiwa yang sedang mengerjakan skripsi di Universitas Muhammadiyah Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi, Pengambilan sampel menggunakan metode probability sampling dengan teknik Cluster Random Sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi di Universitas Muhammadiyah Aceh dengan jumlah 930 dan sampel yang diperoleh sebanyak 255 mahasiswa. Alat ukur yang digunakan adalah skala pola asuh permisif yang mengacu pada teori Baumrind (1991) dan dan skala prokrastinasi akademik yang mengacu pada teori Milgran (dalam Ferrari, Johnson, & McCown, 1995). Pada penelitian ini diperoleh rxy = 0.967 dengan p =0,000 (p<0,05). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara pola asuh permisif dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi di Universitas Muhammadiyah Aceh. Hal ini mengidentifikasi bahwa mahasiswa yang melakukan prokrastinasi cenderung untuk memiliki persepsi pola asuh permisif yang tinggi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 100 Philosophy and Psychology 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam |
Divisions: | Fakultas Psikologi > S1 Psikologi |
Depositing User: | Ita Erlia Sartika Ita |
Date Deposited: | 05 Sep 2023 03:18 |
Last Modified: | 05 Sep 2023 03:18 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31932 |