Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Yang Dimediasi Oleh Kepuasan Pelanggan Pada Shopee Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Mahasiswa Febi Uin Ar-Raniry)

Mona Lisa, 180602038 (2022) Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Yang Dimediasi Oleh Kepuasan Pelanggan Pada Shopee Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Mahasiswa Febi Uin Ar-Raniry). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of kualitas pelayanan, loyalitas pelanggan, mediasi, kepuasan pelanggan, shopee.] Text (kualitas pelayanan, loyalitas pelanggan, mediasi, kepuasan pelanggan, shopee.)
Mona Lisa, 180602038, FEBI, ES.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Sebuah marketplace harus mampu memberikan sebuah pelayanan yang prima, dimana pelayanan tersebut dapat dijadikan sebagai sebuah keunggulan dibandingkan dengan marketplace lainnya sehingga mampu bertahan dalam iklim persaingan yang ketat. Marketplace yang mempunyai keunggulan bersaing dapat dilihat pada kondisi banyaknya jumlah pelanggan dan memiliki loyalitas yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, yaitu : compliance (kepatuhan), assurance (layanan jaminan), reliability (keandalan), tangibles (berwujud), emphaty (kepedulian) responsiveness (daya tanggap) berpengaruh terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan pada marketplace shopee dan untuk mengetahui apakah pelanggan berpengaruh terhadap kepuasan pelayanan dan loyalitas pelanggan pada marketplace shopee. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sampel pada penelitian ini adalah 100 responden yang merupakan mahasiswa/i Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam di Universitas Islam Negeri Ar-Raniry bertransaksi secara online di shopee. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel CARTER berpengaruh signifikan terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan pada markeplace shopee. Fungsi mediasi variabel kepuasan pelanggan lebih kecil (compliance β = 0,825, assurance β = 0,787, reliability β = 0,812, tangibles β = 0,776, empathy β = 0,734 dan responsiveness β = 0,783) daripada pengaruh dari CARTER ke variabel loyalitas pelanggan. Secara keseluruhan fungsi mediasi tidak berjalan sebagaimana mestinya karena pengaruh langsung lebih besar daripada fungsi mediasinya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Mona Lisa Mona
Date Deposited: 05 Sep 2023 03:05
Last Modified: 05 Sep 2023 03:05
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31934

Actions (login required)

View Item
View Item