Peran Keuchik Dalam Meningkatkan Kerukunan Masyarakat Di Desa Padang Kabupaten Nagan Raya

Radja Natuwah, 190403019 (2023) Peran Keuchik Dalam Meningkatkan Kerukunan Masyarakat Di Desa Padang Kabupaten Nagan Raya. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Peran Keuchik Dalam Meningkatkan Kerukunan Masyarakat Di Desa Padang Kabupaten Nagan Raya] Text (Peran Keuchik Dalam Meningkatkan Kerukunan Masyarakat Di Desa Padang Kabupaten Nagan Raya)
Radja Natuwah, 190403019, FDK, MD, 082122612271.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB)

Abstract

Sekalipun pemerintah desa, melalui Keuchik sudah mengupayakan terjalinnya hubungan baik sesama warganya, namun ada indikasi yang belum terlaksana dengan baik pelaksanaan pemerintahan desa yang dilaksanakan oleh aparatur pemerintahan di Desa Padang Kecamatan Seunagan tersebut. Desa Padang tersebut memang sudah bisa dikatakan desa maju namun dalam pembangunan yang harus dibangun dalam meningkatkan kerukunan masyarakat di desa padang dan terprogram oleh Keuchik agar desa tersebut bisa di katakan desa maju, damai dan mandiri Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Keuchik dalam meningkatkan kerukunan masyarakat di Desa Padang Kabupaten Nagan Raya dan faktor pendukung dan penghambat Keuchik dalam meningkatkan kerukunan masyarakat di Desa Padang Kabupaten Nagan Raya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif bersifat deskriptif. Informan penelitian terdiri dari Keuchik, Tuha Peut, aparatur gampong, tokoh masyatakat, tokoh agama dan masyarakat. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa peran Keuchik dalam meningkatkan kerukunan masyarakat di Desa Padang Kabupaten Nagan Raya melakukan penanganan dengan menetapkan kebijakan yang mengatur perkaraperkara yang dapat menyebabkan ketidak rukunan masyarakat, mengupayakan hubungan baik dengan masyarakat, aktif mengadakan berbagai kegiatan sosial, budaya dan keagamaan, menjalin komunikasi secara aktif dengan masyarakat serta menjadi penengah konflik melalui musyawarah perdamaian secara kekeluargaan. Faktor pendukung Keuchik dalam meningkatkan kerukunan masyarakat di Desa Padang Kabupaten Nagan Raya kewibawaan yang tinggi dan kuatnya dukungan dari anggota aparatur desa lainnya bahkan juga dari masyarakat. Sedangkan faktor penghambat kurang rasa keberanian sebagian aparatur desa dalam menyelesaikan perkara-perkara dalam masyarakat dan kurangnya kepatuhan masyarakat terhadap peraturan yang dibuat di Desa Padang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Manajemen Dakwah
Depositing User: Radja Natuwah
Date Deposited: 05 Sep 2023 03:20
Last Modified: 05 Sep 2023 03:20
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31938

Actions (login required)

View Item
View Item