Pengaruh Kegiatan Kolase Terhadap Kemampuan Berfikir Simbolik Anak Usia 5-6 Tahun Dalam Mengenal Konsep Bilangan Di TK IT Azkia Cadek Aceh Besar

Asmaul Khaira, 170210045 (2023) Pengaruh Kegiatan Kolase Terhadap Kemampuan Berfikir Simbolik Anak Usia 5-6 Tahun Dalam Mengenal Konsep Bilangan Di TK IT Azkia Cadek Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengaruh Kegiatan Kolase Terhadap Kemampuan Berfikir Simbolik Anak Usia 5-6 Tahun Dalam Mengenal Konsep Bilangan Di TK IT Azkia Cadek Aceh Besar] Text (Pengaruh Kegiatan Kolase Terhadap Kemampuan Berfikir Simbolik Anak Usia 5-6 Tahun Dalam Mengenal Konsep Bilangan Di TK IT Azkia Cadek Aceh Besar)
Untitled.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Kemampuan berfikir simbolik merupakan sebuah lingkup perkembangan kognitif yang berhubungan dengan kemampuan mengingat dan berfikir mengenai simbol dengan menggunakan lambang bilangan. Berfikir simbolik anak di TK IT Azkia Cadek Aceh Besar masih sangat kurang, dimana anak kesulitan dalam mengenal konsep bilangan, anak belum bisa memahami simbol angka, anak masih ragu-ragu dalam menyebutkan angka 1-10. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan kolase terhadap kemampuan berfikir simbolik anak usia anak 5-6 tahun dalam mengenal konsep bilangan di TK IT Azkia Cadek Aceh Besar. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen menggunakan desains one group pretes-postest dengan subjek anak usia 5-6 tahun yang berjumlah 12 orang peserta didik. Penggumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan berfikir simbolik anak sebelum menggunakan teknik kolase memperoleh nilai rata-rata 2 dengan kriteria Mulai Berkembang (MB) dan kemampuan berfikir simbolik anak setelah menggunakan teknik kolase memperoleh nilai rata-rata 3 dengan Kriteria Berkembang sesuai Harapan (BSH). Berdasarkan hasil analisis uji–t diperoleh t_hitung =9,18 dan t_tabel= 2,201 dengan derajat bebas (dk) 11 pada taraf signifikan =0,05. Dari hasil perhitungan tersebut menunjukkan bahwa t_hitungt_tabel sehingga H_a diterima dan H_o ditolak. Dengan demikian kegiatan kolase berpengaruh terhadap kemampuan berfikir simbolik anak dalam mengenal konsep bilangan di TK IT Azkia Cadek Aceh Besar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Asmaul Khaira Asmaul
Date Deposited: 05 Sep 2023 03:28
Last Modified: 05 Sep 2023 03:28
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31945

Actions (login required)

View Item
View Item