Pola Komunikasi Islam Keuchik Terhadap Kepatuhan Masyarakat Dalam Menjalankan Protokol Kesehatan (Studi pada Gampong Padang Kecamatan Manggeng Kabupaten Aceh Barat Daya)

Gusti Paramida, 170401071 (2022) Pola Komunikasi Islam Keuchik Terhadap Kepatuhan Masyarakat Dalam Menjalankan Protokol Kesehatan (Studi pada Gampong Padang Kecamatan Manggeng Kabupaten Aceh Barat Daya). Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Pola Komunikasi Islam Keuchik] Text (Pola Komunikasi Islam Keuchik)
skripsi Gusti Paramida (2).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Pada masa covid 19 berlangsung, pemimpin yang merupakan keuchik yang sangat dibutuhkan dalam memberikan pangarahan kepada masyarakat terkait protokol kesehatan. Respon masyarakat ada yang patuh dan ada yang tidak. Kajian ini mencoba membahas judul “Pola Komunikasi Islam Keuchik Terhadap Kepatuhan Masyarakat Dalam Menjalankan Protokol Kesehatan”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pola komunikasi Islam yang dilakukan keuchik terhadap kepatuhan masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan. Dan untuk mengetahui apasaja kendala yang dihadapi oleh keuchik dalam memberikan arahan kepada masyarakat terkait protokol kesehatan. Jenis penelitian ini adalah melalui field risearch (penelitian lapangan) dan menggunkan metode kualitatif. Teknik penggumpulan data adalah melalui wawancara antara keuchik dan masyarakat gampong padang berjumlah 10 orang dan juga melalui dokumentasi. Hasil menelitian ini menunjukkan bahwa pola komunikasi yang dilakukan keuchik dengan masyarakat gampong Padang sudah sesuai dengan pola komunikasi Islam yaitu Komunikasi antarmanusia. Sedangkan kendala yang dihadapi oleh keuchik saat melakukan arahan kepada masyarakat adalah sulitnya merubah pandangan dan pola pikir masyarakat terkait protokol kesehatan dan juga berbagai macam persepsi atau pendapat yang berbeda dari masyarakat gampong Padang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Gusti Paramida Gusti
Date Deposited: 07 Sep 2023 02:21
Last Modified: 07 Sep 2023 02:21
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31949

Actions (login required)

View Item
View Item