Pola Komunikasi Orangtua dengan Anak dalam Mengantisipasi Pergaulan Bebas (Studi Pada Keluarga Nelayan di Kecamatan Banda Sakti Kota Lhokseumawe)

Maulidina Zuhra, 271531622 (2020) Pola Komunikasi Orangtua dengan Anak dalam Mengantisipasi Pergaulan Bebas (Studi Pada Keluarga Nelayan di Kecamatan Banda Sakti Kota Lhokseumawe). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pola Komunikasi, Orangtua-Anak, Pergaulan Bebas dan Keluarga Nelayan] Text (Pola Komunikasi, Orangtua-Anak, Pergaulan Bebas dan Keluarga Nelayan)
Maulidina, 27153162-2. PASCASARJANA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Pergaulan bebas sangat berdampak dan menjadi pemicu utama perilaku penyalahgunaan atau penyimpangan hubungan seks pranikah/seks bebas dikalangan remaja. Upaya pemerintah belum mencapai hasil maksimal dalam mengatasi pergaulan bebas. Pergaulan bebas sudah dianggap perkara yang biasa, karena telah menjadi gaya hidup bagi sebagian kalangan remaja. Kajian ini belum peneliti temukan pada penelitian sebelumnya. Tujuan penelitian, untuk mengetahui pola komunikasi orangtua dengan anak pada keluarga nelayan selama ini dalam mengantisipasi pergaulan bebas di Kota Lhokseumawe khususnya di daerah pesisir, hambatan yang di alami orangtua keluarga nelayan selama ini dan pola komunikasi efektif orangtua kepada anak dalam keluarga nelayan yang dapat mengantisipasi pergaulan bebas.
Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan metode deskriptif. Subjek penelitian terdiri dari 10 orang suami dan istri, dengan cara purposive sampling. Teknik pengumpulan data melalui dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data melalui reduksi data, pengumpulan data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan evaluasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pola komunikasi orangtua dengan anak pada keluarga nelayan selama ini dalam mengantisipasi pergaulan bebas di Kota Lhokseumawe khususnya di daerah pesisir adalah pola komunikasi secara terbuka dan tertutup.(2) hambatan yang di alami orangtua keluarga nelayan selama ini yaitu kurangnya komunikasi,masalah ekonomidanjauh dari agama. (3) pola komunikasi efektif orangtua kepada anak dalam keluarga nelayan yang dapat mengantisipasi pergaulan bebas adalah dengan pola komunikasi secara aktif antara orangtua dengan anak dan komunikasi yang intens akan menciptakan kedekatan antara orangtua dan anak.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam > 2X0.3 Islam dan Ilmu Sosial
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial > 302.2 Komunikasi
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Ilmu Agama Islam
Depositing User: Maulidina Zuhra Dina
Date Deposited: 05 Sep 2023 04:02
Last Modified: 05 Sep 2023 04:02
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31957

Actions (login required)

View Item
View Item