Manajemen Perencanaan Kurikulum Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan

Muhammad Faisal, 2024087101 (2023) Manajemen Perencanaan Kurikulum Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. In: Manajemen Perencanaan Kurikulum Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Manajemen Perencanaan Kurikulum Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan] Text (Manajemen Perencanaan Kurikulum Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan)
PKAPT_2019-Muhammad Faisal.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji Menajemen Perencanaan Kurikulum pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Konsep perencanaan kurikulum dalam pendidikan menjadi salah satu konsen garap yang utama dalam mewujudkan tujuan pendidikan. Kurikulum dipandang sebagai suatu rancangan pendidikan, karena kurikulum menentukan pelaksanaan dan hasil pendidikan. Masalah manajemen perencanaan pengembangan kurikulum didasarkan pada kenyataan bahwa seringkali terjadi gap antara strategi nasional dengan usaha-usaha implementasi juga antara gap perencana kurikulum dengan praktisi yang melaksanakan kurikulum di lapangan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan model paradigma Naturalistik, sosial fenomenologis dan humanisme. Subjek dalam penelitian ini adalah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta dan Universitas Islam Negeri Sunan GunungDjati, Bandung. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah triangulasi, sedangkan data dianalisis secara berulang- ulang (cyclical) dengan tiga cara, yaitu reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Hasil penelitian didapatkan bahwa sistem dan konsep kurikulum pendidikan tinggi pada PTKIN Indonesia dilihat sebagai sebuah proses akan memiliki empat tahapan pokok, yaitu: (1) masukan, (2) proses, (3) luaran, dan (4) hasil ikutan (outcome). Manajemen perencanaan kurikulum pada PTKIN Indonesia didasarkan pada 3 (tiga) rasional, yaitu adanya tantangan Internal dan Eksternal yang menyangkut kondisi pendidikan tinggi serta paradigma pengelolaan kurikulum. Adapun langkah awal yang dilakukan dalam menyusun kurikulum pada PTKIN adalah dengan melakukan analisis SWOT dan tracer study serta labor market signals. Sedangkan peyusunan kurikulum dilakukan setelah diperoleh hasil dari analisis SWOT, tracer study, dan market signal untuk menentukan tujuan pendidikan.

Item Type: Book Section
Subjects: 200 Religion (Agama) > 207 Misi dan Pendidikan Agama
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 375 Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Puslitpen Ar-Raniry
Date Deposited: 07 Nov 2023 09:10
Last Modified: 07 Nov 2023 09:10
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31963

Actions (login required)

View Item
View Item