Efektivitas Program Kelompok Kerja Guru (KKG) Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru PAI Wilayah IV Indrajaya Kabupaten Pidie

Wardiana, 201003027 (2023) Efektivitas Program Kelompok Kerja Guru (KKG) Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru PAI Wilayah IV Indrajaya Kabupaten Pidie. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Efektivitas Program Kelompok Kerja Guru (KKG) Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru PAI Wilayah IV Indrajaya Kabupaten Pidie] Text (Efektivitas Program Kelompok Kerja Guru (KKG) Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru PAI Wilayah IV Indrajaya Kabupaten Pidie)
Wardiana Upload.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Kompetensi pedagogik guru sangat menentukan keberhasilan kegiatan pembelajaran. Berdasarkan observasi penulis masih ada beberapa guru PAI SD Wilayah IV Indrajaya yang mengajar secara konvensional. Guru lebih dominan menggunakan metode ceramah, kurang pemanfaatan media, sumber belajar, kurang memperhatikan perbedaan karakteristik siswa serta menggunakan metode mengajar dan teknik penilaian yang sama untuk semua siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program KKG, efektivitas program KKG terhadap kompetensi pedagogik guru PAI wilayah IV Indrajaya kabupaten Pidie, serta faktor pendukung dan penghambat KKG.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data terdiri dari wawancara observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data dan verifikasi data.
Hasil penelitian menunjukkan beberapa program KKG Wilayah IV Indrajaya yaitu mendiskusikan permasalahan pembelajaran, menyusun perangkat pembelajaran, penguatan materi, kreativitas guru dalam menentukan strategi pembelajaran, meningkatkan kualitas guru dan menguasai karakteristik peserta didik. Program KKG efektif meningkatkan kompetensi pedagogik guru PAI yang dapat terlihat dari kemampuan guru menguasai karakteristik peserta didik, menguasai teori belajar, mengembangkan kurikulum, pembelajaran mendidik, pemanfaatan IT, mengembangkan potensi siswa, komunikasi efektif, penilaian, tindak lanjut dan refleksi. Pelaksanaan KKG berjalan dengan baik serta mendapat dukungan dari berbagai pihak.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Wardiana Wardiana
Date Deposited: 13 Sep 2023 03:20
Last Modified: 13 Sep 2023 03:20
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31966

Actions (login required)

View Item
View Item