Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Kartu Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Baitussalam Aceh Besar

Syarifah Al Maulida, 180207124 (2023) Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Kartu Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Baitussalam Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Kartu Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Baitussalam Aceh Besar] Text (Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Kartu Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Baitussalam Aceh Besar)
Syarifah Al Maulida, 180207124, FTK, PBL, 085360859304.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar dapat dipengaruhi oleh kurangnya aktivitas peserta didik saat proses pembelajaran. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya kurang bervariasinya penggunaan model dan media pembelajaran yang digunakan. Agar pembelajaran terlaksana dengan baik, tentu dibutuhkan inovasi dalam pelaksanaan pembelajaran berupa model pembelajaran.dan media yang sesuai dengan pembelajaran yaitu model pembelajaran problem based learning dan media kartu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas, hasil belajar peserta didik yang dibelajarkan menggunakan model problem based learning dan media kartu pada materi sistem pernapasan pada manusia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Pre-experimental design dengan desain one group pre-test pos-test. Populasi dalam penelitian ini ialah kelas VIII sampel yang diambil yaitu kelas VIII2 yang berjumlah 23 peserta didik. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data aktivitas siswa dilakukan dengan 2 cara yaitu menggunakan lembar observasi, dan lembar angket, hasil belajar siswa menggunakan tes. Analisis data aktivitas belajar siswa menggunakan rumus persentase, analisis hasil belajar siswa menggunakan rumus N-gain dan uji-t. Hasil penelitian aktivitas belajar siswa dengan menggunakan lembar observasi, pada pertemuan pertama (81,3%) dan pertemuan kedua (85%) dengan kategori sangat aktif, dan aktivitas siswa yang dilakukan dengan lembar angket (81%) dengan kategori sangat aktif, hasil belajar dengan perolehan nilai rata-rata pre-test 39,1, post-test 80,5, Gain 41,4 dan N-gain 0,68 dengan kategori sedang. Hasil uji t diperoleh thitung > ttabel (40,48 >1,717). Jadi, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model problem based learning dan media kartu dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran Problem Based Learning, Aktivitas, Hasil belajar, dan Sistem Pernapasan Pada Manusia.
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Syarifah Al Maulida
Date Deposited: 06 Sep 2023 03:36
Last Modified: 06 Sep 2023 03:36
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31977

Actions (login required)

View Item
View Item