Peran Mahasiswa Prodi Ilmu Alquran dan Tafsir dalam Menyebarluaskan Alquran

Nurul Izzah, 180303008 (2023) Peran Mahasiswa Prodi Ilmu Alquran dan Tafsir dalam Menyebarluaskan Alquran. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Peran Mahasiswa Prodi Ilmu Alquran dan Tafsir dalam Menyebarluaskan Alquran] Text (Peran Mahasiswa Prodi Ilmu Alquran dan Tafsir dalam Menyebarluaskan Alquran)
Nurul Izzah, 180303008, FUF, IAT, 82215129862.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Alquran merupakan kalam Allah yang diwahyukan kepada Rasulullah saw dan menyampaikan kepada umatnya. Selain dipelajari isinya, Alquran juga harus diajarkan kepada orang lain. Namun zaman sekarang banyak orang memahami Alquran tetapi tidak disebarkan kepada orang lain, seperti mahasiswa yang menempuh pendidikan di prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir. Sebagian dari mereka hanya memperoleh ilmu tersebut untuk dirinya sendiri tanpa menyebarluaskan kepada orang lain. Penelitian ini ingin mengamati apa peran mahasiswa Prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir serta sejauh mana keterlibatan mereka dalam menyebarluaskan Alquran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi lapangan (field research), data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi terhadap sepuluh informan dari kalangan mahasiswa Prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir Angkatan 2019. Kemudian data tersebut diolah secara deskriptif melalui tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menyatakan bahwa peran yang dilakukan oleh mahasiswa Prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir yaitu mengajar, menyebarkan kebaikan melalui sosial media, berperan sebagai imam shalat, berdiskusi bersama teman-teman dan mengikuti organisasi. Diantara para informan, ada sebagian informan yang sudah lama mengikuti kegiatan penyebarluasan Alquran dan sebagian lainnya masih memulai untuk pertama kalinya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama)
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Nurul Izzah
Date Deposited: 06 Sep 2023 03:35
Last Modified: 06 Sep 2023 03:35
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31981

Actions (login required)

View Item
View Item