Pengaruh Citra Destinasi Wisata Halal dan Loyalitas Wisatawan Terhadap Kepuasan Wisatawan (Studi pada Kota Banda Aceh)

Alfaathir Basra, 160602124 (2023) Pengaruh Citra Destinasi Wisata Halal dan Loyalitas Wisatawan Terhadap Kepuasan Wisatawan (Studi pada Kota Banda Aceh). Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengaruh Citra Destinasi Wisata Halal dan Loyalitas Wisatawan Terhadap  Kepuasan Wisatawan (Studi pada Kota Banda Aceh)”] Text (Pengaruh Citra Destinasi Wisata Halal dan Loyalitas Wisatawan Terhadap Kepuasan Wisatawan (Studi pada Kota Banda Aceh)”)
Alfaathir Basra, 160602124, FEBI, ES, 085380101413.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Wisata halal menjadi trend dan gaya hidup dikalangan masyarakat yang memiliki prospek ekonomi sebagai industri pariwisata nasional. Kota Banda Aceh merupakan salah satu daerah yang memiliki destinasi wisata halal yang unik dan menarik. Upaya yang dilakukan oleh pemerintah dalam pengembangan dan pengelolaan wisata yaitu dengan melibatkan citra destinasi maupun loyalitas terhadap kepuasan wisatawan. Apabila ekspetasi wisatawan terhadap citra wisata yang ada di Kota Banda Aceh terpenuhi, maka wisatawan akan merasa puas. Begitupun pengaruh loyalitas wisatawan terhadap kepuasan berwisata halal di Banda Aceh. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh citra destinasi wisata halal maupun loyalitas wisatawan terhadap kepuasan wisatawan yang berkunjung ke Kota Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuisioner pada 100 responden. Hasil penelitian diperoleh 1) nilai sig t pada variabel citra destinasi (X1) diperoleh sebesar 0,004 sehingga kurang dari sig. 0,05. Dengan demikian disimpulkan bahwa citra destinasi mempunyai pengaruh secara signifikan terhadap kepuasan wisatawan; 2) nilai sig t pada variabel loyalitas wisatawan (X2) diperoleh sebesar 0,000 sehingga kurang dari sig. 0,05. Dapat disimpulkan bahwa citra destinasi mempunyai pengaruh secara signifikan terhadap kepuasan wisatawan; dan 3) nilai signifikansi Fhitung variabel citra destinasi dan loyalitas wisatawan diperoleh sebesar 0,0000 yang berarti kurang dari nilai sig. 0,05 sehingga menunjukkan citra destinasi dan loyalitas wisatawan berpengaruh secara simultan (secara bersama-sama) terhadap kepuasan wisatawan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Destinasi Wisata, Loyalitas Wisatawan, dan Kepuasan Wisatawan
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Alfaathir Basra
Date Deposited: 07 Sep 2023 02:31
Last Modified: 07 Sep 2023 02:31
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31997

Actions (login required)

View Item
View Item