Karakterisasi Bakteri Pengikat Nitrogen Dari Limbah Tahu dan Aplikasinya Terhadap Pertumbuhan Tanaman Cabe Merah (Capsicum annum L.)

Nurul Amaliya, 160703009 (2023) Karakterisasi Bakteri Pengikat Nitrogen Dari Limbah Tahu dan Aplikasinya Terhadap Pertumbuhan Tanaman Cabe Merah (Capsicum annum L.). Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Karakterisasi Bakteri Pengikat Nitrogen Dari Limbah Tahu dan Aplikasinya Terhadap Pertumbuhan Tanaman Cabe Merah (Capsicum annum L.)] Text (Karakterisasi Bakteri Pengikat Nitrogen Dari Limbah Tahu dan Aplikasinya Terhadap Pertumbuhan Tanaman Cabe Merah (Capsicum annum L.))
Nurul Amaliya, 160703009, FST, BIO, 085262345783.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Limbah tahu mengandung nutrisi yang dibutuhkan tanaman mikroba pengikat nitrogen. Penelitian ini untuk mengetahui karakteristik bakteri pengikat nitrogen dari hasil isolasi limbah cair tahu dan pengaruh bakteri pengikat nitrogen dari limbah tahu terhadap pertumbuhan tanaman cabe merah Capsicum annum L. Isolasi bakteri menggunakan media Jensen’s Metode yang digunakan dengan streak plate di peroleh 12 isolat. Hasil pengamatan morfologi koloni menunjukkan karakteristik yang berbeda-beda yaitu bentuk koloni bulat, tak beraturan dan titik-titik. 8 isolat berbentuk basil (Gram Positif), 4 isolat berbentuk coccus (Gram Negatif) dan 1 isolat memiliki endospora. Berdasarkan hasil identifikasi bakteri pengikat nitrogen pada limbah tahu terdapat 5 isolat Amphibacillus, 3 isolat Mycobacterium, 1 isolat Neisseria, 2 isolat Azobacter dan 1 isolat Bacillus. Berdasarkan pengujian perlakuan inokulum terhadap tanaman cabe merah menunjukkan hasil signifikan mempengaruhi tinggi tanaman sebesar 0,657, jumlah helaian daun dengan nilai signifikan sebesar 0,136, panjang akar dengan nilai signifikan sebesar 0,085 dan berat basah akar dengan nilai signifikan sebesar 0,091.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Limbah Cair Tahu, bakteri pengikat nitrogen, Partumbuhan Cabai Merah.
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Biologi
Depositing User: Nurul Amaliya
Date Deposited: 06 Sep 2023 04:10
Last Modified: 06 Sep 2023 04:10
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32001

Actions (login required)

View Item
View Item