Efektivitas Penggunaan E-Tilang Dalam Penegakan Hukum Pidana Pelanggaran Lalu Lintas Bagi Masyarakat Di Kota Banda Aceh

Nurus Sajida, 160104128 (2023) Efektivitas Penggunaan E-Tilang Dalam Penegakan Hukum Pidana Pelanggaran Lalu Lintas Bagi Masyarakat Di Kota Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Efektivitas Penggunaan E-Tilang Dalam Penegakan Hukum Pidana Pelanggaran Lalu Lintas Bagi Masyarakat Di Kota Banda Aceh] Text (Efektivitas Penggunaan E-Tilang Dalam Penegakan Hukum Pidana Pelanggaran Lalu Lintas Bagi Masyarakat Di Kota Banda Aceh)
Untitled.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai bagaimana efektivitas penggunaan e-tilang dalam penegakan hukum pidana pelanggaran lalu lintas bagi Masyarakat dan Faktor- faktor yang mempengaruhi penerapan E-Tilang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian yuridis empiris merupakan suatu penelitian hukum mengenai pemberlakuan atau Implementasi ketentuan hukum normatif secara langsung pada setiap peristiwa hukum tertentu yang terjadi dalam masyarakat. Teknik analisis data dengan mengkaji keadaan sebenarnya yang terjadi di masyarakat dalam penerapan hukum yang berlaku dengan tujuan memperoleh fakta-fakta serta data guna menjadi sumber dalam kebutuhan identifikasi masalah yang akan membantu dalam penyelesaian masalah yang ada untuk mengetahui lebih jelas pandangan terhadap objek penelitian dalam skripsi ini. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan melakukan wawancara. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pertama Berdasarkan hasil wawancara ialah, dari pihak penegak hukum yaitu kepolisian sudah efektif melakukan e-tilang sebagai sistem penindakan bagi pelaku pelanggaran sesuai dengan undang-undang yang berlaku. Kedua dalam hal yang menjadi Faktor yang mempengaruhi saat diberlakukannya E-Tilang di Kota Banda Aceh Wilayah Hukum Polresta Banda Aceh ini, berdasarkan teori maupun wawancara yang sudah di teliti terdapat berbagai faktor yaitu salah satu hal penyebab faktor ini berdasarkan faktor sarana dan prasarana, msayarakat dan kebiasaan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.5 Hukum Pidana Islam (Jinayat) > 2X4.59 Aspek Hukum Pidana Islam Lainnya
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Pidana Islam
Depositing User: Nurus Sajida Nurus
Date Deposited: 07 Sep 2023 02:18
Last Modified: 07 Sep 2023 02:18
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32002

Actions (login required)

View Item
View Item